Creative Kokedama Teken Kontrak dengan Buyer Asal Jepang

lintasperkoro.com
Kerjama Creative Kokedama dengan Buyer

Bertempat di Kampung Sakura, Sidomulyo, Kota Batu pada Selasa (23/01/2024), Klinik Ekspor Bea Cukai Malang Gencarkan Asistensi kepada UMKM Ekspor. Salah satunya ke Creative Kokedama.

Creative Kokedama merupakan UMKM yang bergerak di bidang gardening, membuat kerajinan pot hias dari sabut kelapa, menambah keindahan tanaman di atasnya.

Baca juga: Bea Cukai Malang Musnahkan Barang yang Dinyatakan Tidak Dikuasai

Bekerjasama dengan Atase Keuangan di Jepang, Penandatanganan Kontrak Eksklusif antara Creative Kokedama dengan Buyer dari Jepang "Bond Syoji.co.ltd" berhasil digelar.

“Bea Cukai Malang turut hadir berikan asistensi dan pendampingan agar UMKM bisa terus eksis, bisa ekspor berkelanjutan dan semakin banyak produk-produk yang diminati oleh Buyer Luar Negeri,” ungkap Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Kepala Bagian Perekonomian Kota Batu, dan Kepala Desa Sidomulyo.

Baca juga: Pemusnahan Barang Bukti Penindakan di Kejari Kota Malang

"Dengan penandatanganan kontrak eksklusif, diharapkan bisa meningkatkan produksi dan memberdayakan masyarakat sekitar dengan ekspor minimal 2 kontainer setiap tahunnya, dengan nilai ekspor sebesar USD 26.000 per kontainer serta produk UMKM lain juga ikut berkembang," kata Lili Indayani Owner Creative Kokedama.

Desa Sidomulyo merupakan pusatnya desa bunga, produk-produk gardening. Dibukanya kerjasama yg luar biasa ini membuka potensi-potensi baru, ada peningkatan yang signifikan terhadap lapangan pekerjaan, pendapatan masyarakat sekitar serta memperkenalkan Kota Wisata Batu.

Baca juga: Bea Cukai Malang Musnahkan Barang Hasil Penindakan Bernilai Miliaran Rupiah

Acara penandatanganan kontrak eksklusif ditutup dengan melihat proses pembuatan pot bunga secara langsung serta hasil produk Creativa Kokedama.

"Saya sangat kaget dan senang tiba di Desa Sidomulyo ada festival bunga Sakura seperti di Jepang, dan terima kasih banyak atas jamuannya semoga kerjasama yang baik ini tetap terjaga," kata Hiroyuki Ookubo, Senior Manager Bond Syoji, Co.ltd. (kin)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru