Mengenal Gagak Rimang, Juara 1 Karapan Sapi Piala Presiden 2023 di Bangkalan

lintasperkoro.com
Kerapan sapi Piala Presiden di Kabupaten Bangkalan

Grand Final Kerapan Sapi Piala Presiden 2023 diselenggarakan pada Minggu, 8 Oktober 2023, di R.P. Moh. Noer, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Sebagai juara 1 ialah Gagak Rimang milik Muhammad Thohir.

Bagi kalangan karapan sapi, Gagak Rimang bukanlah nama yang asing. Gagak Rimang kerap ikut dalam ajang Karapan Sapi. Thohir sebagai pemilik Gagak Rimang sangat bangga atas pencapaiannya.

Baca juga: Daftar Juara Kerapan Sapi Tradisional Piala Bupati Bangkalan Tahun 2024

Sampai ke titik ini, bukan perjalanan yang mudah bagi Thohir yang sehari-hari tinggal di Kabupaten Gresik. Bagi pria yang lahir di Kabupaten Bangkalan pada 17 November 1959 ini, budaya kerapan sapi telah dilakoninya sejak kecil.

Kala kecil, Thohir merawat sapi kerap milik kakeknya.

Dari situ, Thohir banyak belajar tentang merawat sapi kerap. Setelah dewasa, Thohir mendirikan tim Karapan Sapi, salah satunya ialah Gagak Rimang. Untuk membesarkan itu, Thohir mengeluarkan uang ratusan juta rupiah.

Bagi Haji Thohir, melestarikan budaya Kerapan Sapi adalah segala-galanya. Jadi, berapa pun uang yang dikeluarkan untuk tradisi Madura ini tak masalah bagi dia. 

“Prinsip saya begini, uang dapat dicari kembali, namun mempertahankan dan melestarikan budaya itu adalah kewajiban dan sangat penting untuk diwariskan kepada anak cucu kita di masa mendatang. Ini tidak bisa ditawar-tawar,” katanya.

Selain mempertahankan tradisi Madura, Haji Thohir ingin memperkenalkan Karapan Sapi secara nasional, bahkan di mata dunia.

Thohir punya 38 pasang sapi. Dari 38 pasang itu dibagi berapa tim dengan nama tim yang berbeda-beda.  

Tim Gagak Rimang ini adalah salah satu tim andalannya. Dengan Tim Gagak Rimang, ia telah menjuarai Piala Presiden 3 kali berturut-turut pada tahun 2007, 2008, dan tahun 2009.

“Saya namakan Tim Gagak Rimang karena terinspirasi dari burung gagak yang setiap hari datang bertengger di atas kandang sapi saya. Alhamdulillah, nama itu membawa berkah, tiga kali berturut-turut menang,” katanya.

Baca juga: Daftar Juara Kerapan Sapi Tradisional Piala Bupati Bangkalan Tahun 2024

Menurut Haji Thohir, Karapan Sapi memiliki sejarah panjang yang dimulai dari era kerajaan Madura pada abad ke-14, sebagai perayaan panen raya dan hiburan rakyat. Lomba ini dilakukan dengan dua pasang sapi yang dihiasi warna cerah dan berlomba di lintasan sekitar 100 hingga 200 meter. 

Berikut Para Juara Karapan Sapi Piala Presiden 2023 di Bangkalan :

Golongan Menang

- Juara 1: Gagak Rimang, H. Tohir, Bangkalan.

- Juara 2: Bintang Ngalle, H.Hasan, Sampang.

Baca juga: Daftar Juara Kerapan Sapi Tradisional Piala Bupati Bangkalan Tahun 2024

- Juara 3: Jet Metik, Robi, Sampang.

Golongan Kalah

1. Pisang Mas, H. Farid, Sampang.

2. Moncong Kecil, H. Baidi, Bangkalan.

3. Selebriti Nyasar, Andin, Sumenep.

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru