Mahasiswa KKN Unigres Gelar Pelatihan Digital Bagi Pelaku UMKM di Desa Jono

Reporter : Tasripan
Mahasiswa Unigres dan pelaku UMKM usai pelatihan digital

Mahasiswa Universitas Gresik (Unigres) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jono, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Program kerja yang dilaksanakan ialah pelatihan entrepreunership.

Program kerja ini dicetuskan oleh Mahasiswa KKN dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Unigres. Dalam kesempatan tersebut, yang menjadi pembicara dan mentor pelatihan adalah seorang entrepreneur muda yang memiliki usaha kedai kopi di Kabupaten Gresik sekaligus seorang praktisi dan pendamping usaha kecil menengah (UMKM) bernama Hans M. Y. Wijaya.

"Saya sangat senang diberikan kesempatan mengisi materi pelatihan tentang UMKM di Desa Jono ini. Materi yang saya berikan hari ini adalah tentang penjualan melalui media sosial, seperti Facebook dan Google Business Profile," kata Hans selaku narasumber.

Pria yang juga berperan sebagai pendamping proses produk halal ini menambahkan, "Media Sosial seperti Facebook dan Google Business Profile adalah beberapa platform digital yang berfungsi untuk mempromosikan dan mengelola kehadiran online pemilik bisnis di berbagai layanan Google, termasuk Google Search dan Google Maps. Jadi dengan pelatihan ini, masyarakat pelaku UMKM akan lebih mudah menawarkan produknya untuk dipasarkan secara global."

Ibu Dara Puspitasari selaku Dosen Pendamping Lapangan Unigres merasa bangga atas inisiatif mahasiswa anggota KKN mengadakan pelatihan yang bermanfaat ini.

"Penjualan atau marketing produk melalui sosial media sangat mudah dilakukan dan gratis. Asal kita ada usaha untuk belajar dan telaten, maka produk yang ingin kita jual mendapat perhatian dari konsumen. Konsumen yang terhalang oleh jarak pun akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait produk, baik barang maupun jasa yang dijual tersebut hanya dari melihat sosial media yang mereka miliki," ujar Dara Puspitasari.

Salah satu perwakilan anggota KKN Unigres, Fadhilatur Rahmah atau yang akrab disapa Dela menyebutkan, "Pada kesempatan pelatihan hari ini, kami mengundang kader, pelaku UMKM, dan pamong Desa Jono. Kami berharap apa yang kami lakukan hari ini membawa manfaat dan dapat diaplikasikan bagi seluruh masyarakat Desa Jono khususnya pelaku UMKM agar makin cakap digital." (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru