AKBP Mirzal Maulana Meraih 5 Penghargaan dari Kapolda Jatim

Reporter : Arif yulianto
AKBP Mirzal Maulana menerima penghargaan dari Kapolda Jatim

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di lapangan Markas Polda Jawa Timur (Jatim) pada Selasa pagi, 1 Oktober 2024, menjadi momen spesial bagi AKBP Mirzal Maulana. Kapolda Jawa Timur, Irjen Imam Sugianto menganugerahi mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya tersebut dengan 5 penghargaan.

Penghargaan diterima AKBP Mirzal Maulana usai upacara Hari Kesaktian Pancasila, yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jatim. Pemberian penghargaan merupakan reward dan punishment yang diberikan oleh pimpinan Polri kepada anggotanya yang telah berkontribusi bagi organisasi.

Baca juga: 12 Kilogram Sabu Diselundupkan Seorang Pekerja Migran

Kegiatan upacara Hari Kesaktian Pancasila dihadiri anggota Polda Jatim dan jajarannya yang berprestasi. Di akhir upacara, dilanjutkan acara penyematan PIN Emas Kapolri dan pemberian penghargaan Kapolda Jatim kepada anggota yang berprestasi.

AKBP Mirzal Maulana yang menjabat Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Jawa Timur meraih 5 penghargaan lantaran kinerja dan prestasinya selama di Polda Jawa Timur. Kinerja yang dimaksud antara lain keberhasilannya dalam mengungkap jaringan narkoba internasional yang melibatkan buronan internasional. Dalam operasi tersebut, Tim Ditresnarkoba berhasil menyita barang bukti narkotika dalam jumlah yang sangat besar, di antaranya:

43 bungkus teh cina berisi sabu dengan berat total 45.306,26 gram./ 45 Kg

41 bungkus teh cina berisi sabu dengan berat total 43.562,74 gram / 43 Kg

2.100 butir pil ekstasi dengan berat total 895,87 gram.

Barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 62,47 gram.

Baca juga: Bea Cukai Tindak Jutaan Batang Rokok Ilegal di Kendari

Selain prestasi dalam pengungkapan kasus narkoba, AKBP Mirzal Maulana juga mendapat penghargaan sebagai Manajer 2 Tim Bola Basket Polda Jatim yang teamnya berhasil meraih posisi juara 2 dalam Kapolri Cup Basketball Tournament 5ON5 Agustus 2024 lalu.

Keberhasilan ini menambah deretan prestasi yang ditorehkan oleh Pamen Polda Jatim tersebut di luar tugas utamanya sebagai penegak hukum dalam pemberantasan narkoba.

Piagam penghargaan lainnya juga diberikan atas keberhasilan AKBP Mirzal Maulana dalam mengungkap kasus narkoba dengan barang bukti berupa sabu seberat 8.929,191 gram dan 2.894 butir pil ekstasi dengan berat total 977,576 gram.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras AKBP Mirzal Maulana dalam memberantas peredaran narkoba, khususnya di wilayah Jawa Timur, sekaligus membuktikan komitmen Polda Jatim dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dari ancaman bahaya narkotika.

Baca juga: Sepak Terjang Kombes Pol Budi Hermanto yang Ditunjuk Jadi Direskrimsus Polda Jawa Timur

Selain mengungkap kasus kejahatan Narkoba Jaringan Internasional, diketahui selama menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana juga berhasil membongkar dan menutup total tempat perjudian burung merpati dan judi dadu di Jalan Ploso Gardu PLN, Kota Surabaya. Kala itu, di bawah komando Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya tersebut, hampir seluruh kejahatan dan premanisme berkurang drastis mengingat perintah yang ditekankan kepada jajaran Reskrim Polrestabes saat itu tidak main-main untuk membongkar dan tangkap bandar perjudian serta menutup tempat perjudian.

Setelah tempat perjudian terbesar yang berada di Jalan Ploso Gardu PLN tersebut resmi ditutup pada tahun 2022, kini masyarakat sekitarnya merasakan ketenangan. Masyarakat pun menyampaikan ribuan terimakasih kepada pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur yang sudah membersihkan perjudian di wilayah mereka.

Kapolda Jatim dalam pidatonya, menyampaikan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh anggota Kepolisian untuk terus meningkatkan kinerja dalam rangka pemberantasan narkoba dan menjaga kondusifitas wilayah Jawa Timur. (*)

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru