Ekspedisi Alas Kinco : Pelestarian Hutan Kota Surabaya

lintasperkoro.com
Ekspedisi Alas Kinco

Kota Surabaya tidak cuma dikenal dengan keindahan gedung megah dan taman kota. Ada pula hutan kota yang jarang terjamah oleh masyarakat.

Andai Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mampu menangkap peluang tersebut, paling tidak bisa dioptimalkan sebagai wisata hutan kota. Hutan kota tersebut terletal di kawasan Dukuh Pakis, Kota Surabaya. Warga sekitar menjuluki Alas Kinco.

Baca juga: Puluhan Aktivis Lingkungan dan Akademisi Gelar Aksi Solidaritas Peduli Pantai Lewat Clean Up dan Audit Plastik

Dalam menjaga kelestarian hutan kota tersebut, sekelompok pecinta alam meggelar ekspedisi Alas Kinco, yang dilakukan pada Minggu, 16 Juli 2023, mulai pukul 07.45 WIB. Meeting point di depan Akbid Griya Husada, Jalan Dukuh Pakis Gg. 2 Surabaya.

Baca juga: Royco Didukung Pemkot Surabaya Bagikan Kelezatan 1500 Porsi Bakso di Acara "MABAR Berkah"

Ekspedisi dilakukan untuk mengeksplor kondisi hutan kota yang diperkirakan seluas 500 ha. Yossy Candra Kurniawarta sebagai salah satu pegiat lingkungan asal Dukuh Pakis menceritakan pengalamannya selama melakukan ekspedisi Alas Kinco bersama dengan pegiat lingkungan lainnya.

Baca juga: Polisi Tetapkan Bartender Sebagai Tersangka atas Meninggalnya Tiga Musisi di Surabaya

"Kondisi di tengah hutan kota belum terjamah dan masih alami. Banyak jenis pohon tumbuh. Hewan yang hidup disana juga beragam. Ini perlu pengembangan menjadi wisata. Untuk itu, perlu upaya dari Pemkot Surabaya untuk memolesnya menjadi daya tarik wisata dengan menggandeng pihak ketiga," ujar Yossy. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru