Sikap PKS Terhadap Pengungsi Rohingnya di Aceh

lintasperkoro.com
Pengungsi etnis Rohingnya

Partai Keadilan Sejahtera melalui Wakil Ketua Bidang Polhukam, Mardani Ali Sera, menyikapi banyaknya gelombang pengungsi etnis Rohingya yang datang ke Indonesia melalui perairan Aceh. Menurutnya, masalah pengungsi Rohingya harus dilihat dari aspek kemanusiaan, yaitu menerima manusia yang dibantai secara kejam oleh junta militer dan terusir dari negaranya.

“Aspek hukum internasional dimana mereka manusia tidak memiliki kewarganegaraan melarikan diri menyebrangi laut dengan kapal dan bekal seadanya demi mendapatkan status kenegaraan, namun ternyata malah menjadi korban perdagangan manusia,” katanya, Senin 18 Desember 2023.

Baca juga: Satu Bacaleg dari PKS Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Anggaran Dana Desa

Namun Indonesia tidak meratifikasi konvensi 1951 tentang pengungsi, maka puluhan ribu pengungsi telah diterima di Indonesia dari berbagai negara sifatnya hanya sementara. Kata Mardani, para pengungsi ini menunggu kabar dari negara-negara yang mau menerima suaka mereka.

Baca juga: Anies Baswedan dan Para Penasihatnya

“Indonesia harus memahami posisi dan keadaan para pengungsi ini dan memberikan solusi sementara seperti tempat pengungsian khusus yang dikelola oleh UNHCR sehingga tidak mengganggu rakyat Indonesia lainnya,” ungkap Mardani Ali Sera. (dry)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru