Pelaksanaan PIN Polio di Desa Boro

lintasperkoro.com
Pelaksanaan PIN di Desa Boro

Serka Catur WS selaku Babinsa Desa Boro melaksanakan pendampingan dalam kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk mencegah penyakit Polio. PIN pada putaran kedua tahun 2024 ini diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai 8 tahun.

Pelaksanaan imunisasi ini merupakan program Pemerintah yang tidak dipungut biaya/gratis. Dengan mendapatkan imunisasi ini dapat memberikan perlindungan pada sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Pendampingan BPKAD Sidoarjo untuk Inspeksi di Fasilitas Umum

Eni Sri Wahyuni selaku Bidan Desa Boro mengatakan bahwa dengan imunisasi ini dapat mengurangi resiko penularan polio. Menurunkan tingkat penularan dari satu individu ke individu yang lain serta mengurangi dampak komplikasi saat terserang penyakit polio.

Baca juga: Babinsa Boro Hadiri Giat Pelantikan Perangkat Desa Boro

Masyarakat dapat mengakses PIN ini di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Pos Kesehatan Kelurahan, Posyandu, Balai RT/RW, Pendopo Kelurahan, tempat pendidikan anak, Ponpes, serta pos imunisasi lainnya dibawah koordinasi Puskesmas.

Jenis vaksin yang digunakan yaitu vaksin generasi terbaru, Novel Oral Polio Vaksin type 2 atau nOPV2 yang diberikan dua tetes sebanyak 2 kali dengan interval minimal satu bulan. Target sekurang-kurangnya adalah 95% untuk masing-masing putaran dan merata di setiap tingkat, mulai Desa, Kecamatan dan Kabupaten. (*kip)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru