Perdana, Pelet Kayu Kepulauan Sula Berlayar ke Jepang

lintasperkoro.com
Sebanyak 9.501,402 ton pelet kayu asal Kepulauan Sula perdana diekspor ke Jepang.

Jepang adalah pasar yang sangat potensial bagi produk kayu bakar Indonesia khususnya sebagai sumber energi terbarukan. Pelet Kayu (wood pellet), bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan banyak digunakan di negara maju, terutama negara yang memiliki empat musim.

Sebanyak 9.501,402 ton pelet kayu asal Kepulauan Sula perdana diekspor ke Jepang. Pelet kayu yang diproduksi PT SGM di Kepulauan Sula itu nilainya mencapai 23,4 miliar rupiah atau 1,6 juta US dolar. Ekspor pelet kayu ke Jepang melalui terminal khusus pelabuhan milik PT MTP di Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangole Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Minggu (3/3/2024).

Pejabat karantina melakukan serangkaian pemeriksaan administrasi, pemeriksaan fisik, dan kesehatan sebelum menerbitkan Phytosanitary Certificate terhadap komoditas ekspor tersebut. Phytosanitary Certificate merupakan jaminan kesehatan produk yang diekspor serta sebagai persyaratan yang harus dipenuhi di negara tujuan.

“Kami telah melakukan serangkaian tahapan penilaian tempat, pemeriksaan fisik dan kesehatan produk serta dokumen pendukung persyaratan ekspor sebelum penerbitan Phytosanitary Certificate,” ujar Arief, Pejabat Karantina yang bertugas.

Badan Karantina Indonesia berkomitmen penuh dalam memfasilitasi layanan percepatan sertifikasi ekspor komoditas hewan, ikan, dan tumbuhan. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk digitalisasi layanan perkarantinaan, yang dimulai dari permohonan pemeriksaan karantina secara daring, pembayaran PNBP yang langsung masuk ke kas negara, hingga penerbitan Phytosanitary Certificate secara digital dan paperless.

Secara terpisah, Kepala Karantina Maluku Utara Willy Indra Yunan menyampaikan, "Untuk menjaga tersebarnya HPHK, HPIK, maupun OPTK, setiap komoditas ekspor harus melalui serangkaian tahap pemeriksaan karantina. Pemeriksaan yang dilakukan selain memastikan produk pelet kayu yang diekspor aman dan bebas dari OPTK, hal ini juga merupakan bagian dari upaya Karantina Maluku Utara dalam memfasilitasi perdagangan internasional.” (anhar)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru