PNIB Gelar Kirab Merah Putih di Kabupaten Jombang

Reporter : Tasripan
Kirab merah putih di Jombang

Organisasi Masyarakat (Ormas) kebhinnekaan lintas agama dan budaya Perjuangan Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB) menyambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan serangkaian acara, seperti kirab Bendera Merah Putih di berbagai daerah. Ini cara PNIB mewujudkan cara nasionalisme secara nyata.

Pada momen kali ini, PNIB Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Jombang mengarak Bendera Merah Putih sepanjang 300 meter dengan start di Taman Kota Ringin Contong hingga finis di Alun Alun Kabupaten Jombang, pada Minggu 11 Agustus 2024.

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke-79, Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba

Dengan kirab Bendera Merah Putih tersebut menyiratkan pesan mendalam bagi generasi milenial yang sekarang sedang mengalami krisis rasa memiliki bangsa dan negaranya.

Baca juga: Semarak Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79 di Desa Lopang

"Kita lahir, dewasa, makan, dan minum, di Indonesia. Namun masih banyak yang justru menghargai negara lain," ungkap Gus Wal, Ketua Umum PNIB.

Kirab merah putih PNIB menjadi upaya refleksi sekaligus menyatukan kembali marwah persatuan yang sempat retak karena berebut kepentingan. Gus Wal dan PNIB dengan segala kemandirian berupaya menghadirkan Kirab Merah Putih sebayak-banyaknya di kota-kota yang bisa terjangkau.

Baca juga: Video Kontingen PT Empat Lima Nuswantoro di Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79

“Kita isi bulan Agustus dengan Kirab Merah Putih di daerah, terbuka bagi siapa saja yang masih mencintai Indonesia dengan cara sederhana. Kebangsaan agama dan budaya untuk menjaga sejarah perjuangan bangsa Indonesia supaya tidak diklaim dan dibelokkan serta menjaga lingkungan kampung desa kita dan bahaya latin Wahabi Khilafah yang melahirkan intoleransi, radikalisme, separatism, terorisme," pungkas Gus Wal. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru