Ranking #1, Lomba Agustusan di UPT SMP Negeri 2 Gresik Berlangsung Semarak

Reporter : Tasripan
Lomba Agustusan di UPT SMPN 2 Gresik

Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tidak hanya di setiap kampung. Kemeriahan itu juga terjadi di satuan pendidikan di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Di UPT SMP Negeri 2 atau Spenda Gresik, misalnya. 

Lomba Agustusan di sekolah yang berada di Jalan KH Kholil, Kabupaten Gresik, itu memadukan unsur games dan pengetahuan sejarah. Nama perlombaan adalah Ranking #1.

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke-79, Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba

Lomba diikuti 48 siswa dari perwakilan kelas. Peserta perwakilan adalah siswa yang dianggap memiliki pengetahuan sejarah yang menonjol di kelas masing-masing. Peserta adalah usulan siswa dan Wali Kelas masing-masing.

Dalam lomba ini, panitia membacakan pertanyaan hanya sekali. Jumlahnya ada 100 pertanyaan. Pertanyaan tentang sejarah Indonesia atau sejarah lokal di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

Pertanyaan diantaranya : 

- Bapak Proklamator Kemerdekaan adalah Ir Soekarno dan M.Hatta. Benar atau salah ?

- Kampung Kemasan berada di Kelurahan Kebungson, Kabupaten Gresik, benar atau salah?

Peserta hanya menjawab benar atau salah. Jawaban benar atau salah disediakan oleh panitia lomba berupa tulisan di atas kertas ukuran kuarto dengan cara diangkat. 

Baca juga: Semarak Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79 di Desa Lopang

Mirip lomba cerdas cermat, tapi lomba Agustusan peserta tidak berdiri alias duduk bersila. Siswa lainnya memberikan support kepada perwakilan kelas masing-masing. Seru banget!

“Lomba Ranking #1 untuk megedukasi agar siswa mengingat kembali pengetahuan sejarah perjuangan bangsa dan arti kemerdekaan,” kata Kepala UPT SMP Negeri 2 (Spenda) Gresik, Mohammad Salim pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Sistem perlombaannya menggunakan sistem gugur.

“Bagi yang salah mengangkat kertas jawabannya tereleminasi,” imbuhnya. 

Baca juga: Video Kontingen PT Empat Lima Nuswantoro di Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79

Salim melanjutkan, kegiatan lomba Agustusan dimulai sejak Selasa hingga Jumat, 13-16 Agustus 2024. Jenis perlombaan yakni kebersihan kelas ; kerapian berseragam ; senam P5 .

“Untuk lomba tradisional diantaranya estafet karet, sepak bola corong, dan ditutup dengan lomba memasukkan paku dalam botol khusus guru,” jelas Salim.

Puncak acara jalan sehat menelusuri sejarah tapak tilas heritage Bandar Grissee, Kota Lama Kebungson – Kampung Arab –  Alon-alun –  Bandar Grissee dan finish di sekolah.

“Alhamdulillah Lomba Agustusan tahun ini lebih semarak dan berjalan lancar. Siswa dan guru Spenda bahagia dan menyenangkan. Semoga menjadi edukasi dan teladan kepahlawanan untuk peserta didik,” pungkasnya. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru