3 Kapal Berhantu Terkenal di Indonesia yang Hilang Tanpa Jejak

Reporter : Redaksi
Kapal Van Der Wijck

Tiga kapal berhantu yang hilang tanpa jejak di Indonesia, bahkan ada yang pernah dijadikan film. Transportasi itu seolah raib begitu saja tanpa diketahui oleh siapapun.

Tiga kapal berhantu yang hilang tanpa jejak ini sangat terkenal di Indonesia. Bahkan ada yang pernah dijadikan film. Transportasi itu seolah raib begitu saja tanpa diketahui oleh siapapun.

1. Kapal Ourang Medan

Kapal Kargo milik Belanda ini sudah beredar rumor misterinya sejak Juni 1947. Kapal ini diketahui mengirimkan pesan kode morse yang berisi kepanikan seperti berbunyi "Semua kru bakal mati, mesin bakal rusak, atau tolong kami sekarang!”

Yang sampai akhirnya kapal itu menghilang tanpa jejak. Pesan yang dikirimkan itu seolah berisikan rasa putus asa, ketakutan yang dirasakan oleh para pelaut dan otoritas maritim. Segala hal dilakukan demi mencari kapal tersebut, tapi tidak ditemukan kemanapun kapal tersebut.

2. Kapal Lady Lovibond

Kapal Lady Lovibond ini telah karam di pantai Belitung pada tahun 1840 dan setelah kejadian itu konon terdapat banyak penampakan arwah yang menyeramkan. Nama Lady Lovibond ini diambil dari istri kapten kapal yang ikut dalam ekspekdisi tersebut bersama dengan bayinya. Namun, di tengah perjalanan ada badai yang sangat dahsyat menerjang kapal tersebut, sehingga membuat kapal jadi terombang - ambing dihantam oleh gelombang besar dan karam di lepas pantai Belitung.

Terdapat sebagian besar penumpang dan awak kapal yang tidak selamat, termasuk juga Lady Lovibond dan putrinya yang juga ikut tenggelam dalam kapal tersebut. Dan bangkai kapal yang dinaikin itu ditemukan di dasar laut Belitung.

3. Kapal Van Der Wijck

Siapa yang gak tau kapal Van Der Wijk karena pernah dijadikan film. Kapal ini menjadi legenda maritim Indonesia dan memang sudah pernah ditulis oleh Buya Hamka dan menjadi tragedi kelam di Laut Jawa. Diketahui, tragedi ini telah merenggut banyak nyawa, termasuk wanita bernama Hayati yang sesuai dengan tokoh novel Buya Hamka dengan nama yang sama. Hayati dan arwah penumpang lainnya konon masih berkeliaran di lokasi karamnya kapal.

Kapal Van Der Wijck ini diketahui ditemukan oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) di kedalaman 54 meter di Laut Brodong, Lamongan pada tahun 2021. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru