Plywood Asal Jawa Timur Diekspor ke Amerika Serikat

Reporter : Redaksi
Plywood

Komoditas Plywood sebanyak 337.572 M3 yang dimuat dalam 6 container senilai Rp 1,9 miliar diekspor ke Amerika Serikat. Pejabat Karantina Jawa Timur melakukan pemeriksaan plywood tersebut di gudang eksportir yang berlokasi di Desa Benelan Lor, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi  Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (1/10/2024).

Riska Novianti, Pejabat Karantina Jatim di Satuan Pelayanan Ketapang melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan untuk mengetahui dan memastikan bahwa plywood tersebut sehat dan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), yaitu Lyctus bruneus dan sudah dilakukan perlakuan marking ISPM #15.

Baca juga: Tokek Sembuhkan Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

"Lyctus bruneus merupakan serangga utama pada kayu kayuan termasuk plywood dan dapat menurunkan kualitas plywood. Selain itu, negara Amerika Serikat mempersyaratkan plywood asal Indonesia bebas dari Lyctus bruneus," ujar Riska.

Baca juga: Tokek Sembuhkan Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

Kepala Karantina Jawa Timur, Hari Yuwono Ady menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya Karantina Jatim dalam memfasilitasi perdagangan ke luar negeri.

Baca juga: Tokek Sembuhkan Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

"Kami terus mendukung upaya peningkatan ekspor dari Jawa Timur, tidak hanya dari sektor tanaman hortikultura saja namun dari sektor kehutanan seperti olahan kayu ini kami pastikan aman sampai negara tujuan," tutup Hari. (*)

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru