Pj Bupati Bangkalan Silaturahmi dengan Forum Masyarakat Madura di Bandung

Reporter : M Ruslan
Pj Bupati Bangkalan bersama Forum Masyarakat Madura

Dalam sela-sela kunjungan kerjanya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Senin, 7 Oktober 2024, Penjabat (Pj.) Bupati Bangkalan, Arief M. Edie menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Forum Masyarakat Madura yang berdomisili di Bandung.

Pertemuan yang berlangsung penuh keakraban tersebut turut dihadiri oleh Kasatpol Pamong Praja (PP) Kota Bandung, Rasdian Setiadi, serta Ketua Forum Madura Bersatu (Formabes) Bandung, H. Mohammad Nasir.

Baca juga: Talk Show dan Fashion Show Batik di Pendopo Agung Bangkalan

"Alhamdulillah, di sela kunjungan kerja ke Pemkot Bandung hari ini, kami dapat bersilaturahmi dengan masyarakat Madura, khususnya yang berasal dari Bangkalan dan berdomisili di Bandung. Mereka merupakan bagian dari masyarakat Bandung yang juga turut mendukung pembangunan serta berkolaborasi dengan Pemkot Bandung," ujar Pj. Bupati Bangkalan.

Pj. Bupati Bangkalan berharap agar Formabes ikut ambil bagian dalam membangun Madura, terutama Kabupaten Bangkalan. Menurutnya, Pemkab Bangkalan saat ini sedang menjalin kerja sama dengan Pemkot Bandung dalam upaya peningkatan pelayanan publik berbasis sistem digital.

"Banyak kerja sama yang telah kami lakukan, dan Pemkot Bandung sangat mendukung upaya kami dalam meningkatkan sektor pelayanan publik melalui digitalisasi, baik dalam penganggaran, keuangan, penetapan target pajak daerah, pengendalian inflasi, hingga pemantauan wilayah termasuk pusat kendali (command center). Kami berharap penerapan sistem ini dapat mempercepat akses layanan bagi masyarakat," harapnya.

Baca juga: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangkalan Menggelar Pameran di Museum Cakra Ningrat

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus berupaya meningkatkan sektor pelayanan publik, terutama dalam hal sistem penganggaran, keuangan daerah, hingga perpajakan. Untuk mewujudkan hal ini, Pj. Bupati Bangkalan, Arief M. Edie bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Dalam keterangannya, Pj. Bupati Bangkalan, Arief menyatakan bahwa kunjungan tersebut bertujuan membangun kerjasama sekaligus mereplikasi sistem aplikasi yang dimiliki oleh Pemkot Bandung.

“Kunjungan kami ke Pemkot Bandung hari ini bertujuan untuk menjajaki MoU terkait replikasi sistem penganggaran, perpajakan, hingga update harga kebutuhan pangan. Selain itu, kami juga berencana membangun kolaborasi, sehingga potensi Bangkalan, seperti daging sapi, bawang, atau cabai, bisa ikut didukung dan dibeli oleh Pemkot Bandung,” ujarnya.

Baca juga: Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Bangkalan Periode 2024-2029

Pj. Bupati Bangkalan juga menambahkan, melalui kerjasama dan kolaborasi ini, Pemkot Bandung nantinya akan membantu Pemkab Bangkalan dalam meningkatkan pelayanannya. Hal ini akan dilakukan melalui aplikasi yang mempermudah masyarakat untuk memahami dan melihat sistem keuangan yang ada di Pemkab Bangkalan.

Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan layanan publik di Kabupaten Bangkalan dapat lebih efektif, efisien, dan transparan, demi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. (*)

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru