Satgas Yonif 512/QY Hadir di Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Okpol

Reporter : Redaksi
Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektoral Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Okpol

Satuan Tugas (Satgas) Yonif 512/QY (Qurata Yudha) turut berperan dalam kegiatan pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektoral Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Okpol yang dilaksanakan di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Kamis (10/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat program kerja puskesmas dan memastikan pelaksanaan program kesehatan di wilayah tersebut berjalan sesuai dengan perencanaan yang matang.

Baca juga: Satgas Yonif 512/QY Mendengar dan Bergerak untuk Solusi di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan pertemuan penting yang diselenggarakan rutin oleh puskesmas dengan berbagai sektor masyarakat terkait guna meningkatkan sinergi dan kerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Pertemuan ini juga bertujuan untuk memantau layanan kesehatan di Puskesmas Okpol dan memastikan peran serta masyarakat dalam peningkatan kualitas kesehatan di wilayah tersebut.

Kegiatan Lokakarya Mini ini melibatkan berbagai elemen lintas sektor, termasuk Satgas Yonif 512/QY yang salah satu Posnya berada di Kampung Okpol dipimpin oleh Letda Inf Muhammad Agung Iswanto. Keterlibatan Satgas Yonif 512/QY dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung program kesehatan masyarakat di wilayah Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua.

Dalam kegiatan tersebut, Letda Inf M. Agung menegaskan bahwa kehadiran Satgas Yonif 512/QY di tengah-tengah masyarakat adalah sebuah kewajiban yang tak terpisahkan.

"Kami memastikan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik, aman, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan keamanan selama berlangsungnya kegiatan untuk mendukung kelancaran program-program kesehatan yang dicanangkan.

Baca juga: Satgas Yonif 512/QY Tumbuhkan Semangat Literasi di Wilayah Perbatasan

Kepala Puskesmas Okpol, Ibu Damiana Kasipmabin, Amd. Keb., turut mengapresiasi kehadiran dan kontribusi Satgas Yonif 512/QY dalam kegiatan ini. Menurutnya, kerjasama lintas sektor sangat dibutuhkan, terutama dalam menghadapi tantangan kesehatan di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua yang terkenal dengan kondisi geografis dan cuaca yang sulit diprediksi.

"Kami berharap kerjasama dengan Satgas Yonif 512/QY, tokoh masyarakat serta berbagai sektor terkait dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama dimusim yang tidak menentu ini. Hal ini akan membantu mencegah berbagai penyakit yang berpotensi muncul akibat perubahan cuaca ekstrem," ujar Damiana.

Sebagai bentuk komitmen Satgas Yonif 512/QY dalam mendukung kesehatan masyarakat di Kampung Okpol dan sekitarnya, Letda Inf M. Agung menyampaikan bahwa Pos Satgas yang berada di Kampung Okpol selalu terbuka untuk memberikan layanan kesehatan secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan masyarakat setempat selalu dalam kondisi sehat sehingga dapat beraktivitas dengan lancar.

“Kami menyediakan fasilitas berobat secara gratis di Pos Satgas Yonif 512/QY yang berada di Kampung Okpol. Ini adalah wujud nyata komitmen Kami untuk memastikan masyarakat Kampung Okpol dan sekitarnya selalu sehat. Kami percaya, dengan kondisi kesehatan yang baik, masyarakat dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih produktif," jelas Letda Inf M. Agung.

Baca juga: Satgas Yonif 512 Qurata Yudha Membantu keterbatasan Guru di Wilayah Perbatasan

Keikutsertaan Satgas 512/QY dalam kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral ini menunjukkan betapa pentingnya peran Satgas Yonif 512/QY dalam mendukung upaya kesejahteraan masyarakat, tidak hanya dari sisi keamanan, tetapi juga dari aspek kesehatan. Dengan kehadiran Satgas Yonif 512/QY di tengah-tengah masyarakat, harapannya adalah berbagai program kesehatan yang dicanangkan oleh puskesmas dan sektor terkait dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Satgas Yonif 512/QY, petugas kesehatan, tokoh masyarakat, dan sektor terkait, sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Dengan sinergi yang terus terjaga, diharapkan upaya peningkatan kesehatan di wilayah Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua dapat terus berkembang dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. (Pen 512/QY.Bahman

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru