Nikmatnya, Sop Kaldu Dengkul Sapi yang Mantap Jaya

lintasperkoro.com
Kaldu sumsum super Al Ghozali

Sahabat Surabaya jika berkunjung ke Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, wajib untuk menikmati sup kaldu dengkul sapi. Sup ini memiliki keunikan berkuah bening dan dilengkapi dengan sedotan untuk menyedot sum-sum di bagian dalam tulang.

Sumsum yang lembut, gurih dan berlemak, langsung masuk ke rongga mulut. Tidak sampai disitu, daging tetelan yang menempel di sisi luar tulang yang disajikan dengan mangkuk besar, membuat siapapun tidak bisa menolak untuk menikmatinya.

Sumsum tulang sapi adalah sejenis jaringan spons di tengah tulang, yang terkonsentrasi di tulang belakang, pinggul, dan tulang paha. Sumsum tulang sapi mengandung sel induk yang berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih, atau trombosit.

Dikutip dari National Library of Medicine US, manfaat sumsum tulang sapi yang paling umum adalah khasiatnya dalam transportasi oksigen, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan pembekuan darah.

Nah di Madura, salah satu menu legendaris olahan kaldu dari tulang sumsum adalah, kaldu sumsum super Al Ghozali. Depot kuliner di sampang madura ini dirintis sejak tahun 1980-an, diawali dengan warung kecil, sebuah meja dan sebuah kursi, hingga kini berkembang menjadi besar. 

Keunggulan kaldu super sumsum disini, terbuat dari dengkul sapi yang super besar. Di balut dengan daging khototan di bagian luar tulang dengan kelembutan yang super lumer dan tentunya sumsum dibagian dalam, yang dapat di seruput menggunakan sedotan. Dimasak dengan kaldu sop bening, miliki rasa segar, kaya akan citarasa rempah.

Kaldu sumsum super Al Ghozali, yang berlokasi di Jalan Diponegoro 34A, Kabupaten Sampang, Madura ini, dibandrol dengan harga 90 ribu/porsi dan dapat disantap untuk 2 orang.  

Nah Sahabat Surabaya, yuk ketemu di Kabupaten Sampang, untuk nikmati kaldu sumsum yang super besar ini. Ditunggu ya !

*) Source : Barantin Surabaya

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru