Duta Taichi Indonesia Menggelar Seminar dengan Mengadirkan 2 Narasumber

lintasperkoro.com
Peserta Duta Taichi dan narasumber seminar, Laoshi Haryanto

Duta Taichi Indonesia menggelar Seminar dengan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Laoshi Haryanto dan Laoshi Suharjono. Seminar rutin diselenggarakan di Sasana Duta Taichi Indonesia, di Jalan Raya Undaan nomor 56 Kota Surabaya (samping Duta Ban), pada Sabtu pagi, 11 November 2023.

Kurang lebih 70 peserta mengikuti acara seminar yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Mereka dengan semangat mengikuti serangkaian materi yang dipaparkan oleh kedua narasumber. Salah satu peserta yang paling semangat ialah Mami Yulia Merlyn Monro (umur 82 tahun).

Baca juga: Duta Great Crystal Bio Energy Medical Chi Kung Menggelar Latihan Rutin Demi Tubuh Sehat

Mami Yulia Merlyn Monro bersama Laoshi Haryanto

Dalam seminar tersebut, Laoshi Haryanto menjelaskan tentang pentingnya memilih olahraga yang tepat untuk kesehatan di hari tua. Salah satunya mempelajari Taichi.

Tai Chi adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang memiliki manfaat untuk kesehatan, baik tubuh maupun pikiran. Taichi bukanlah menari, tetapi memahami di setiap jurus ada maknanya dan di setiap langkah ada artinya.

“Memang pertama kali taichi itu untuk bela diri. Kemudian jadi olahraga massal untuk kesehatan. Teknik dengan bela diri taichi dengan bela diri lain bertolak belakang. Taichi dilatih membuang tenaga. Setelah kalian benar-benar kosong, tapi dengan latihan pernafasan, tahu-tahu muncul tenaga yang dahsyat. Itulah tenaga dalam,” katanya.

Laoshi Haryanto saat memaparkan materi juga diikuti dengan mempraktikkan gerakan-gerakan taichi kepada peserta, termasuk diantaranya kekuatan gerakan yang bisa dimunculkan lewat perut. Tidak cuma itu saja, Laoshi Haryanto juga mempraktikkan pengaturan pernafasan serta teknik-teknik lainnya. Dalam semua teknik itu, disarankan agar terus melakukan latihan.

Baca juga: Duta Taichi Indonesia Kehadiran Tamu Istimewa dari Sasana Surya Darma Lombok

“Teori taichi itu rilek, kalah dulu, baru menang. Diserang dulu baru menang. Taichi itu mengatur hati, mengatur pikiran. Itulah tingkatan tertinggi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Laoshi Suharjono mengatakan, setiap teknik dalam taichi harus dipelajari dan tidak boleh sembarangan. Di dalam taichi, tidak cuma latihan fisik, tetapi juga psiko atau pikiran dan juga latihan pernafasan.

Di Duta Taichi, digelar latihan setiap hari, dan dilaksanakan pada pagi mulai jam 9 hingga jam 10. Gerakan Taichi dianggap sangat baik bagi siapa saja yang hendak menjaga atau meningkatkan kesehatan jasmani serta ketenangan dan kedamaian batin. Karena manfaatnya bagi pikiran dan tubuh sangat besar, hingga saat ini Tai Chi masih menjadi olahraga yang popular, dan pesertanya di Duta Taichi terus bertambah.

Baca juga: Duta Taichi Indonesia Kehadiran Tamu Istimewa dari Sasana Surya Darma Lombok

Selama ini, yang dilakukan Duta Taichi Indonesia adalah memberikan pelatihan Taichi secara gratis atau tidak memungut biaya sepeserpun. Ini dilakukan untuk membangun kemaslahatan masyarakat dari semua kalangan, tidak melihat latar belakang tetapi latar depannya dengan tujuan agar tetap sehat.

Duta Taichi Indonesia dipimpin oleh Toni Liono (Ketua Umum), kemudian Ilyne Kusuma (Wakil Ketua Umum), KHR Zainuddin (Ketua DPP), Rachmat Yohanes (Ketua DPD), Rudy Irsan (Ketua DPS Adity), Yetty Arly (Ketua DPS). Tokoh-tokoh lain yang menjadi bagian dari Duta Taichi Indonesia seperti Teguh Kinarto (Ketua Pembina), Bambang Sujanto, Dahlan Iskan, Irjen Pol (Purn) Abdul Gofur (Pelindung), Mayjen TNI (Purn) Wododo (Pelindung).

Duta Tai Chi Indonesia adalah salah satu sasana di Surabaya. Namun keberadaan Duta Tai Chi ini ingin menyatukan beragam sasana yang ada, untuk kemajuan olahraga Lin Tieng Kung dan Tai Chi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan latihan bersama. (did)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru