Bea Cukai Langsa Cegah Penyelundupan 180 Karton Rokok Ilegal dalam Truk

lintasperkoro.com
Pencegahan terhadap peredaran rokok ilegal

Bea Cukai Langsa melakukan penindakan terhadap upaya penyelundupan 180 karton rokok ilegal. Rokok ilegal dimuat dalam sebuah truk saat melintas di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh pada Kamis, 16 November 2023.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (23/11/2023), Kepala Kantor Bea Cukai Langsa, Sulaiman mengatakan bahwa dalam penindakan ini pihaknya menyita sebanyak 180 karton berisi 1.884.000 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai atau rokok polos. Dari seluruh barang yang disita, diperkirakan penindakan ini mampu mengamankan potensi kerugian negara sebesar Rp 1.694.103.180.

Baca juga: Bea Cukai Tegal Musnahkan 5,9 Juta Batang Rokok Ilegal

“Selain rokok, kami juga mengamankan 1 unit truk dan 2 orang pelaku untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.

Baca juga: Operasi Gempur 2024 di Wilayah Riau. 17 Juta Batang Rokok Ilegal Diamankan

Saat ini, kasus tersebut sedang dalam tahap proses penyidikan. Para pelaku diduga melanggar Pasal 54 UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai yang dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Baca juga: Bea Cukai Malili Hentikan Mobil Pembawa Lima Karton Rokok Ilegal

“Semoga penindakan ini mampu mencegah peredaran rokok ilegal di wilayah Aceh. Melalui konferensi pers ini kami juga berupaya menjaga kerja sama baik antara Bea Cukai dengan media massa, sehingga lebih lanjut dapat menjadi sarana untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam membantu mencegah peredaran barang ilegal,” pungkas Sulaiman. (kin)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru