Pondok Mburi Wong Bodho Dirikan Warung Makan dan Kopi Gratis Saat Haul Sunan Giri

lintasperkoro.com
Pegiat Pondok Mburi Wong Bodho

Haul Kanjeng Sunan Giri ke-518 yang diselenggarakan oleh Yayasan Makam Sunan Giri pada 8 Oktober hingga 14 Oktober 2023.

Dalam Rangka Haul Sunan Giri yang ke-518, Pondok Mburi Wong Bodho yang diasuh oleh Gus Sukhoiri (Muhammad Sukoiri) ini beraksi dengan mendirikan warung makan gratis dengan berbagai macam menu makanan selama tiga hari di kompleks makam Kanjeng Sunan Giri, pada Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Ada Penolakan, KH Imadudin Ustman al-Bantani Tetap Berceramah di Pondok Wong Bodho

Kehadiran warung makan dan kopi gratis yang dikelola oleh Gus Sukhoiri ini sangat membantu menarik peziarah yang dari dalam dan luar daerah.

Warung makan gratis yang disediakan oleh Wong Bodho Pondok Mburi ini memang sudah dilaksanakan setiap tahun atau setiap acara Haul Kanjeng Sunan Giri, Haul Kanjeng Sunan Ampel, dan juga Sunan Drajad.

Warung Makan gratis atau Pawon Pondok Mburi Wong Bodho menawarkan beragam makanan lezat mulai dari nasi pecel, rawon, osengan ati ampela, bakso, soto dan lain-lain. Khusus warung makan dan kopi gratis ini, Pondok Mburi Wong Bodho memotong dua ekor sapi.

Penanggungjawab Warung Kopi, Bapak Haji Rokhim mengatakan, acara tersebut sudah berjalan selama bertahun-tahun. Untuk warung makan dan kopi gratis ini, Wong Bodho memotong satu ekor sapi.

Baca juga: 127 Anak Ikut Khitanan Massal Dalam Rangka Haul Kyai Zainal Abidin

"Biasanya seperti tahun-tahun lalu, Gus Sukhoiri memotong dua ekor sapi sampai lima ekor sapi. Itu semua memang disediakan untuk para peziarah," ujar Haji Rokhim.

”Mereka tim masak dapur Pondok Mburi Wong Bodho ini tiga hari tiga malam full tidak tidur, karena peziarah 24 jam selalu ada,” imbuhnya.

Pondok Mburi Wong Bodho adalah Pondok Pesantren (Ponpes) yang khusus memberikan layanan rehabilitasi dan pemulihan bagi korban Penyalahgunaan narkoba. Ponpes ini terletak di Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: Wong Bodho Pondok Mburi Sediakan 20 Ribu Porsi Makanan Gratis di Haul Sunan Ampel

Pada kesempatan terpisah, Gus Sukhoiri mengatakan, membentuk cabang pencegahan, penyalagunaan, pemberantasan dan peredaran gelap Narkoba. Sebab penyelesaian permasalahan ini juga memerlukan peran aktif masyarakat. 

Oleh karena itu, dia tergerak untuk mendirikan pesantren gratis untuk rehabilitasi para pecandu Narkoba. Jadi tidak heran jika tim dapur Wong Bodho yang dikerahkan oleh Gus Sukhoiri sangat berwarna. (Pan)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru