Pemkab Bangkalan Dapat Sertifikat Tuntas dari ODF

lintasperkoro.com
Pj Bupati Bangkalan menerima sertifikat tuntas dari ODF

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mendapat sertifikat, sebagai kabupaten/kota di wilayah itu dinyatakan tuntas dari permasalahan buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), yakni kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten, telah berubah perilaku dan tidak buang air besar (BAB) sembarangan.

Sertifikat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tersebut diberikan seusai Rapat evaluasi Desa ODF yang dilaksanakan di Pendopo Pratanu, pada Rabu 6 Desember 2023. Rapat dihadiri secara langsung Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan, Arief M Edie , Tim Verifikator STBM sekaligus Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Provinsi Jawa Timur, dr. Walitsah Sukarjiyah, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Lurah dan Kepala Puskesmas se-Kab. Bangkakan.

Baca juga: Proyek Puskesmas yang Digarap CV Sukses Makmur Santosa Diduga Langgar K3

Dalam sambutannya, Sukarjiyah mengatakan Open Defecation Free (ODF), ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

"Dalam upaya mendorong perilaku hidup bersih dan sehat, serta pencegahan penularan penyakit berbasis lingkungan, Pemerintah telah mengembangkan strategi nasional berupa pendekatan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat yang berbasis masyarakat atau dikenal dengan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)," jelasnya

Baca juga: Ormas KORAK Mengadukan Sejumlah Klinik yang Diduga Tidak Dilengkapi IPAL

STBM sendiri terdiri dari lima pilar perubahan perilaku hidup baik dan sehat. Yakni, setop perilaku BAB sembarang, adopsi perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengamanan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Sedangkan di Jawa Timur sendiri saat ini masih ada kabupaten/kota di wilayahnya yang belum bebas BAB sembarangan. Sehingga perlu di bentuknya Komunitas ODF baik di tingkat Kabupaten hingga Desa, untuk mengubah prilaku dan kebiasaan masyarakat dalam menciptkaan lingkungan yang sehat.

Baca juga: Oknum PNS Dinkes Bekasi Diduga Main Proyek, Aktivis Akan Laporkan ke Penegak Hukum

Sedangkan Pj. Bupati Bangkalan dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat Bangkalan untuk berkomitmen dalam menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan. (L4N)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru