Acara "Bersih Desa" Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya Berlangsung Meriah

lintasperkoro.com
Salah satu peserta kelompok acara "Bersih Desa" di Kelurahan Dukuh Pakis

Ribuan warga Kota Surabaya memadati sepanjang Jalan Dukuh Pakis, Kota Surabaya, pada Minggu, 6 Agustus 2023. Mereka menyaksikan 38 peserta kelompok kirab budaya dari masing-masing RT di Kelurahan Dukuh Pakis yang sedang berkostum unik. Ada yang berkostum motif bunga, pakaian adat, kostum wayang, dan masih banyak lainnya.

Kirab Budaya dan Tumpeng Agung diberangkatkan dari Jalan Dukuh Pakis Gg. 5, dan finish di Kantor Kelurahan Dukuh Pakis. Kirab budaya tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam acara "Bersih Desa" di Kelurahan Dukuh Pakis. Rangkaian acara lainnya ialah istighosah,, bazaar UMKM yang terdiri dari 37 UMKM termasuk UMKM 'Nurul Kue' yang terkenal di Surabaya, pagelaran tari remo, tumpengan, dan acara puncaknya ialah Wayang Kulit, Dalang Ki Punjul Kasranto, dan Lakon “Sumantri Wiratama”. Diiringi Karawitan Punjul Laras.

Baca juga: Laut Bukan Tempat Sampah Raksasa

Pagelaran reog di halaman Kelurahan Dukuh Pakis

Lurah Dukuh Pakis, Andreas Suryawan mengatakan, kegiatan tersebur diikuti oleh 38 peserta kelompok. Semua peserta kelompok merupakan warga Dukuh Pakis yang mewakili masing-masing RT (Rukun Tetangga) di 6 RW (Rukun Warga).

Peserta tidak cuma dari kalangan orang tua dan dewasa, peserta dari anak-anak pun turut memeriahkan agenda tahunan tersebut.

Baca juga: Endi Suhadi : Selamat Atas Terselenggaranya "Bersih Desa" Kelurahan Dukuh Pakis

Ketua LPMK Dukuh Pakis, Widodo mengatakan, Bersih Desa di Kelurahan Dukuh Pakis digelar rutin tiap tahun khususnya setiap Minggu Wage di tiap bulan Suro.

"Jadi kita ada tumpeng agung yang berisikan hasil bumi, seperti polo pendem, lalu ada tumpeng pendamping yang terbuat dari nasi dan lauk pauk pendampingnya, serta ratusan tumpeng hasil swadaya masyarakat. Ini sebagai wujud rasa syukur kami. Nanti setelah tumpengnya di doakan, biasanya tumpeng agung setinggi 1,7 meter ini akan direbutkan warga yang percaya akan mendapatkan keberkahannya. Tumpeng lainnya akan kita makan bersama-sama,” ujar Widodo.

Widodo mengatakan, acara yang telah dipersiapkan selama 3 bulan ini selain sebagai bentuk rasa syukur, juga bertujuan untuk mengguyubkan masyarakat di Dukuh Pakis, sekaligus merawat dan melestarikan adat, budaya, dan tradisi bangsa.

Baca juga: Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya Menggelar "Bersih Desa"

Bersih Desa Kelurahan Dukuh Pakis dibuka dengan acara tasyakuran dan istighosah bersama KH. Suudi Sulaiman asal Jombang di halaman Kantor Kelurahan Dukuh Pakis pada Sabtu malam, 5 Agustus 2023. 

Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi Gerindra, Endy Suhadi mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Bersih Desa Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya. (ins)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru