Kesehatan WBP Jadi Kunci Keberhasilan Pembinaan di Lapas, Rutan dan LPKA

lintasperkoro.com
Pengarahan dan penguatan di Lapas I Surabaya

Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Elly Yuzar dalam rangkaian kunjungan kerja di Jatim, berkesempatan memberikan pengarahan dan penguatan di Lapas I Surabaya, Rabu (12/7/2023).

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dihadiri oleh Kadiv Pemasyarakatan Teguh Wibowo, Kepala UPT se Surabaya raya dan petugas dapur seluruh Satker Pemasyarakatan pada Lapas/Rutan dan LPKA di Jajaran Kemenkumham Jatim.

Baca juga: Penguatan Tugas dan Fungsi Pegawai Lapas Perempuan Malang

Elly dalam sambutannya menyampaikan kesehatan WBP menjadi hal yang penting untuk di perhatikan karena itu merupakan pondasi berhasilnya pembinaan di dalam Lapas/ Rutan.

“Jika kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi seperti makanan yang kurang higenis, akan berdampak kepada kesehatan warga binaan dan itu juga akan mempengaruhi mental warga binaan sehingga pembinaan akan terhambat,” tuturnya.

Baca juga: Napi Lapas Medaeng Bisa Kendalikan Peredaran Narkoba

Dia juga memonitoring kinerja petugas dapur melalui aplikasi Si Monev Bama. Bahwa aplikasi tersebut adalah Aplikasi terobosan yang diciptakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang khusus untuk memantau penyelenggaran makanan bagi seluruh Narapidana dan Tahanan agar lebih transparan dan akuntabel, dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah proses pengawasan ke unit-unit kerja terkait.

"Sebagai Petugas Pengelola Bahan Makanan diwajibkan untuk melaporkan seluruh proses penyelenggaraan makanan bagi Warga Binaan setiap harinya pada aplikasi ini sebagai bukti pertanggungjawaban bahwa kegiatan betul-betul dilaksanakan,” urainya.

Baca juga: Kadivpas Bintorwasdal ke 3 UPT Pemasyarakatan Korwil Surabaya

Teguh Wibowo juga menekan para petugas agar selalu update laporan melalui aplikasi Si Monev Bama mengingat hasil laporan yang masih belum optimal di akhir Triwulan II kemarin, ujarnya.

"Saya tidak ingin Satker di Jatim memperoleh raport merah dalam tiap laporan apapun, ini sudah jadi konsekuensi seorang petugas Pemasyarakatan, beri yang terbaik bagi Organisasi melalu kinerja yang semakin pasti," tutupnya. (Lan)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru