Modus-Modus Operasi Tambang Ilegal

lintasperkoro.com
Tambang ilegal

Kanit 3 Subdit V/SDA Dit Tipidter Bareskrim Polri, Kompol Eko Susanda menyampaikan terdapat beberapa modus operasi Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di Indonesia. Yang paling umum adalah melakukan Penambangan (Operasi Produksi) Tanpa Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (UP-OP).

Kedua, melakukan Penambangan di luar konsesi atau Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP). Sebenarnya mereka punya izin tapi yang ditambang di luar wilayahnya atau melewati pagar batas wilayah.

Baca juga: Tambang Ilegal di Desa Pacuh Diadukan ke Polda Jatim oleh LSM FPSR

Ketiga, melakukan penambangan terhadap material di luar yang tercantum dalam IUP-OP: memalsukan dokumen perizinan, Surat Keterangan Asal Barang (SKAB), dan pemalsuan lainnya.

Baca juga: Tambang Diduga Ilegal Beroperasi di Desa Pule Lamongan

Keempat, memanfaatkan masyarakat untuk melakukan kegiatan penambangan sehingga apabila ditertibkan dapat menimbulkan konflik antara petugas dengan masyarakat.

Kelima, ada pejabat berwenang memberikan izin secara melawan hukum, tumpang tindih, salah prosedur dan salah gunakan kewenangan (gratifikasi).

Baca juga: Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Kenari - Merbuk - Pungu

Tapi ini sudah dicabut dengan amandemen undang-undang nomor 3 tahun 2002 pejabat yang memberikan izin tanpa hukum tidak bisa dipidana lagi. (lp6)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru