Udang Ronggeng Konawe Favorit Masyarakat Jakarta

lintasperkoro.com
Udang Ronggeng Konawe

Udang ronggeng atau udang lipan memiliki beberapa nama yang berbeda pada tiap daerah. Hidup di habitat terumbu karang dan banyak dijumpai di perairan Sulawesi tenggara. Udang ronggeng memiliki cita rasa yang lebih mirip lobster.

Kali ini melalui Satuan Pelayanan Bandara Halu Oleo, dilakukan pemeriksaan terhadap 350 ekor udang ronggeng yang hendak dilalulintaskan menuju Jakarta. Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan udang ronggeng bebas dari hama penyakit ikan dan memenuhi standar untuk dilalulintaskan.

Baca juga: Badan Karantina Gagalkan Penyelundupan Reptil di Kargo Bandara Mopah

"Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan hama penyakit dan dapat segera dikirim ke Jakarta," ujar Hildayani, Pemeriksa Karantina Ikan.

Baca juga: Karantina Jawa Timur Gagalkan Upaya Perdagangan Satwa Langka Asal Papua

Ketua Tim Karantina Ikan, Amsal Sallolo secara terpisah menjelaskan bahwa udang ronggeng merupakan produk perikanan yang rutin dilalulintaskan ke Jakarta. Udang ronggeng adalah jenis krustasea dan merupakan inang rentan bagi hama dan penyakit White Spot syndrome virus (WSSV).

Baca juga: 35 Pejabat Karantina Teknisi Pengendali Hama dan Penyakit Ikan BKHIT Jatim Dilantik

"Kami memastikan setiap produk perikanan yang dilalulintaskan di wilayah Sultra dilakukan tindakan karantina, sebagai tanggung jawab pejabat karantina dalam melindungi negeri dari ancaman kelestarian sumberdaya alam Indonesia," pungkas Amsal. (Anhar)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru