Paling Lambat Desember 2024, Tol Probowangi Sudah Bisa Dilintasi

Reporter : Nanang Sujarwo
Progress pekerjaan tol Probowangi Paket 3

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, selaku Kerja Sama Operasi (KSO) proyek tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) Paket 3 (Paiton – Besuki), terus ngebut agar pembangunan tol tersebut selesai tepat waktu. Dari timeline yang dijadwalkan, paling lambat pada Desember 2024, pekerjaan tol Probowangi paket 3 telah rampung.

“Schedule Desember tahun ini sudah bisa dilalui. Kami harapkan pada Desember sudah selesai karena ukuran kami cost dan waktu. Kalau waktu pengerjaan mundur, jelas merembetnya kemana-kemana,” kata Harmuji Waluyo selaku Site Operational Manager Waskita Karya - Proyek Tol Probowangi 3, saat ditemui di lokasi proyek pada Kamis siang, 11 Juli 2024.

Baca juga: Waskita Beton Precast Jadi Main Supplier Beton di Proyek Tol Probowangi Paket 3

Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) paket 3 memiliki panjang 25,6 kilometer. Harmuji Waluyo mengatakan, saat ini progress pengerjaan konstruksi tol Probowangi Paket 3 telah mencapai 36%. Pengerjaan kontruksi tersebut meliputi bore pile, pengurugan tanah, pemasangan box culvert, betonisasi struktur, dan nantinya sampai ke pekerjaan girder.

Baca juga: Waskita Beton Precast Jadi Main Supplier Beton di Proyek Tol Probowangi Paket 3

Harmuji Waluyo optimis pekerjaan selesai sesuai schedule awal. Meskipun selama pekerjaan ada kendala dan juga review, diharapkan tidak terjadi kemunduran waktu.

Baca juga: Waskita Beton Precast Jadi Main Supplier Beton di Proyek Tol Probowangi Paket 3


“Kalau dilihat dari template yang saat ini terjadi, schedule masih bisa dikompress. Yang tadinya kita rencakan lebih panjang ternyata setelah kita aplikasi lebih pendek. Contoh pekerjaan bored pile. Itu rencanakan memakan waktu 4 bulan, ternyata belum sampai 2 bulan sudah hampir selesai. Kami akan berupaya menuju schedule itu bisa tercapai sehingga apa yang direcanakan owner bisa terpenuhi,” ungkapnya. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru