Pawai Ogoh Ogoh Ikut Memeriahkan Karnaval HUT Kemerdekaan RI di Desa Cendoro

Reporter : Arif yulianto
Ogoh ogoh berbentuk Naga memeriahkan karnaval Desa Cendoro

Setiap desa memiliki kegiatan tersendiri dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79. Di Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan menggelar Karvanal.

Puluhan kelompok peserta turut memeriahkan karnaval yang diselenggarakan pada Minggu siang hingga sore, 25 Agustus 2024. Peserta merupakan kelompok warga yang mewakili masing-masing Rukun Tetangga (RT) Desa Cendoro.

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke-79, Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba

Para peserta menampilkan berbagai karakter yang menarik perhatian penonton. Diantara sekian karakter yang ditampilkan peserta, pawai ogoh-ogoh menyerupai naga bersayap dengan ditunggangi oleh seorang berpakaian bak raja, menjadi daya tarik lebih dari para penonton.

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke-79, Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba

Ogoh-ogoh tersebut merupakan karya peserta dari RT 2 dan RT 1 RW 7, Dusun Bakung, Desa Cendoro. Ogoh-ogoh naga terbang tersebut diarak oleh pemuda dari Karang Taruna ARBK dan warga. Rute yang dilalui yakni Jalan Kemlagi -Babatan, Kabupaten Mojokerto.

Saat diarak, ogoh-ogoh naga diiringi dari belakang sejumlah orang berpakaian prajurit. Di depan para prajurit tersebut, ada dayang yang berbaris sambil mengikuti laju ogoh-ogoh. Suasana bertambah meriah manakala para dayang berjoget mengikuti irama musik.

Baca juga: Semarak Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 79 di Desa Lopang

Ketua RT 2 RW 7, Desa Cendoro, Kasiono berkata, keikutsertaan RT 2 dalam karnaval ini untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Berbagai kesenian dan kebudayaan Nusantara ditunjukkan sebagai wujud syukur masyarakat Desa Cendoro untuj memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru