Ribuan Warga Mengikuti Haul dan Sedekah Bumi di Desa Tumapel

Reporter : Tasripan
Pernak-pernik jajanan tradisional yang menghiasi sedekah bumi

Sebagai bentuk rasa syukur atas kenikmatan, kesehatan, dan panen hasil bumi, ribuan warga Desa Tumapel, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, guyub rukun menggelar Haul dan Sedekahkan Bumi, pada Jumat (13/09/2024).

Selain sebagai bentuk rasa syukur, Sedekah Bumi ini digelar guna membersihkan desa dari segala bentuk hal yang kurang berkenan dengan memohon perlindungan kepada Allah SWT. 

Baca juga: Acara Sedekah Bumi di Desa Dungus Dihadiri Ribuan Warga

Dalam gelaran tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Tumapel mengisi dengan berbagai macam acara, diantaranya Haul Akbar Syekh Ahsanuddin Qoyyim (Raden Cilik) beserta sesepuh Desa Tumapel, Pengajian Umum, Udik- udikan uang kertas. Kegiatan tersebut adalah bagian merawat dan menjaga tradisi desa yang sudah diturunkan oleh para sesepuh.

Pernak-pernik jajanan tradisional yang menghiasi sedekah bumi tersebut, yakni kucur, apem, rengginang, rangen, tape, krupuk samiler, gapitan, gemblong dan masih banyak yang lainnya.

Dan tak kalah serunya adalah udik-udikan uang kertas yang dilempar ke kerumunan warga. Hal ini sebagai bentuk sedekah dan syukur atas karunia-Nya. Peserta udik- udikan ini diikuti oleh anak anak, ibu-ibu dan remaja yang ada di lokasi.

Kegiatan ini dipusatkan di kompleks Pemakaman Desa Tumapel, yakni tempat pelataran di area makam Desa. Tempat inilah menjadi pusat titik kumpul masyarakat dalam giat sedekah bumi.

Baca juga: Gema Sholawat Dalam Rangka Sedekah Bumi di Dusun Bulurejo, Desa Benjeng

Ziadatul Akmal sebagai Kepala Desa (Kades) Tumapel mengatakan, "Ini bagian dari rasa syukur kita kepada Allah yang selama ini diberikan kenikmatan sehat, kesempatan, dan panen yang dirasakan warga. Maka syukur inilah wujud sedekah bumi dengan pengharapan berkah dan barokah untuk warga Desa Tumapel."

Ziadatul Akmal menambahkan, "Di samping giat ini, bagian dari syukur serta doa yang kita tujukan kepada keluarga yang sudah meninggal, tidak kalah pentingnya adalah keakraban gotong royong dan guyub rukun sesama warga dalam mensukseskan acara tersebut. Alhamdulillah, semoga ini bisa kita pertahankan dan dilanjutkan pada tahun yang akan datang dengan lebih meriah sebagai bentuk istiqomah khidmah kita." (*)

Video acara sedekah Bumi :

Baca juga: Semarak Sedekah Bumi Desa Cerme Kidul

 

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru