Unit Pidsus Satreskrim Polresta Banyuwangi Melepas Pelaku Tambang Ilegal Usai Ditangkap

Reporter : Nanang Sujarwo
Polresta Banyuwangi

Tidak heran apabila tambang ilegal di wilayah Kabupaten Banyuwangi semakin banyak. Lantaran Polresta Banyuwangi sebagai ujung tombak pemberantasan tambang ilegal, seakan-akan bermain kasus.

Sebagai salah satu contoh saat personil Unit Pidana Khusus (Pidsus) Satreskrim Polresta Banyuwangi melakukan penggrebekan dan penangkapan terhadap 2 pelaku pertambangan galian c ilegal di Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (22/08/2024) pukul 14.35 WIB.

Baca juga: Satreskrim Polres Bengkayang Grebek Tambang Emas Ilegal di Belakang Pemakaman Bongja

Hampir sebulan setelah penangkapan tersebut, tidak ada progres dari penanganan kasus tambang ilegal tersebut. Justru yang terjadi ialah 2 pelaku yang ditangkap, kini dilepas dan tidak ada penjelasan apakah sudah jadi tersangka atau tidak.

Saat dikonfirmasi perihal dilepasnya 2 pelaku tambang ilegal beserta barang bukti yang tidak disita, Kasubag Humas Polresta Banyuwangi, Ipda Suwono menampik jika tidak ada tindaklanjut dari kasus tambang ilegal tersebut.

Menurutnya, proses penanganan kasus tambang ilegal masih berlanjut, namun dia mengakui apabila pelaku tidak ada yang ditahan.

"Proses lanjut. Tidak dilakukan penahanan, dan penyidik masih proses penanganan," katanya.

Baca juga: Melihat dari Dekat Lokasi Tambang Galian C Ilegal Dikelola Oknum Perangkat Desa Jogodalu

Saat ditanya apakah pelaku sudah ditetapkan tersangka, Ipda Suwono memilih diam. Ipda Suwono juga tidak merespon ketika ditanya tentang settingan dalam penggrebekan tambang ilegal di Desa Bedewang.

Karena pada saat penggrebekan itu, salah satu personil Pidsus Satreskrim Polresta Banyuwangi menyuruh agar pelaku tambang ilegal berinisial SL pergi dari lokasi.

Seorang warga berinisial K yang mengetahui jelas peristiwa penggrebekan itu berkata, bahwa pelaku tambang ilegal berinisial SL disuruh pergi oleh anggota Unit Pidsus saat wartawan datang melakukan peliputan.

Baca juga: Tersangka Tambang Ilegal Hadapi Sidang Perdana pada 18 September 2024

"SL yang menjaga tambang pergi berjalan ke Barat pakai baju kuning. Dia disuruh Polisi pergi untuk keluar setelah melihat sampean datang," terang inisial K.

Indikasi lain main mata pelaku tambang ilegal dengan oknum Unit Pidsus Satreskrim Polresta Banyuwangi ialah tidak diamankan sejumlah barang bukti penambangan ilegal. Misalkan dump truk yang berisi muatan pasir dari tambang ilegal yang ditinggal lari oleh sopirnya saat melihat anggota Polisi. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru