Suka Duka Jadi Tenaga Kerja Asing di Timor Leste

lintasperkoro.com
Zakky

Menjadi tenaga kerja asing (TKA) di Timor Leste punya pengalaman suka dan duka. Seperti cerita pengalaman Zakky (@zqhr) di Timor Leste. Dia berbagi pengalamannya menjadi pekerja asing di Timor Leste.

Berikut pengalaman Zakky yang dibagikan di media sosialnya.

Selama beberapa bulan terakhir, gue kerja dan tinggal di Timor-Leste. Selama itu juga, banyak hal yang dirasakan, mulai dari suka sampai duka. Sesekali numpang curhat boleh kali ya? Hahaha.

Disclaimer dulu, ini murni pengalaman pribadi gue aja, ga bisa disamain dengan pengalaman orang lain. Soalnya yaa, yang gue alamin belum tentu sama ya sama orang lain. Bisa jadi di orang lain banyakan senengnya, di gue banyakan sedihnya. Ini gue mulai dari sukanya dulu ya.

SUKANYA

1. Bergaji USD

Ini senengnya kalo rupiah lagi anjlok sih. Soalnya kalo kirim ke Indonesia bisa jadi rada banyakan. Terus kalau beli barang di Indonesia beneran kesannya jadi murah banget karena standar murah di Timor-Leste basically masih mahal di Indonesia.

Tapi apakah harga barang di Timor-Leste selalu mahal? Nggak selalu. Bisa aja dapetin yang murah kalau cermat. Gue juga pernah beli nasi bungkus yang harganya cuma $0.50 dan udah enak. (Walaupun banyakan nasi dibanding lauknya).

2. Udara relatif bersih, dan langit minim polusi cahaya

Kalau Jakarta sering ngalamin kualitas udara buruk, AQI Timor-Leste selalu di warna hijau. Nyaman banget kalo mau jogging atau olahraga outdoor.

Kualitas udara di Timor Leste

Karena langitnya selalu cerah dan minim polusi, kadang bisa sampe keliatan milky way.

3. Tempat wisata banyak yang gratis

Ke pantai emang tinggal bawa badan aja, mau ngaso di pinggir pantai sampe subuh juga bebas. Trus kalo mau mendaki bukit juga tinggal naik aja, view-nya cantik, apalagi pas sunrise atau sunset.

Tempat wisata di Timor Leste

4. Slow living

Kalo mau ngerasain tinggal di suatu tempat yang super chill, pace lambat, Timor-Leste bisa dijadikan opsi. Biasanya sesuatu kalo lagi trending di Indonesia, ga akan ikutan FOMO karena ya resource-nya terbatas untuk memenuhi ke-FOMO-an itu.

5. Lingkungan yang lebih liberal.

Ini bisa jadi satu keuntungan sih, karena kita jadi bebas mengekspresikan diri, bebas mau menabung pahala atau dosa tanpa di-judge. Your choice. Karena udah banyak orang asing juga, jadinya suasananya juga lebih internasional.

6. Good coffee

Karena jadi komoditas utama, tentu kopi banyak ditemukan di sini. Kopi Timor menurut gue rasanya enak. Apalagi kopi luwaknya, sopan banget di perut.

7. Produk sayuran, buah, dan ikan yang segar

Ini yang suka gue kangenin di Timor-Leste, berasa masih seger semua. Kayanya memang organik dan nggak pake pengawet aja gitu.

Produk Timor Leste

DUKANYA

1. Merasa terpenjara dan terpencil

Tiket pesawat mahal. Kalo mau murah harus lewat Kupang, itu pun bakalan takes time. Kalo cuti terbatas, tapi duit juga terbatas, ga ada pilihan lain selain stay aja lebih lama di Timor-Leste sampe punya duit lebih atau cuti lebih.

Ini menjengkelkan banget jujur, harga tiket pesawat Dili-Bali $185 one way. Belum tiket dari Bali ke kota lain. Kalo mau via Kupang, harus naik bus 10 jam dulu, dan nginep semalem di Kupang. Begitu juga sebaliknya.

Selain itu, banyak perusahaan di Timor-Leste yang kerjanya dari Senin sampai Sabtu. Walaupun Sabtu setengah hari, tetep aja kalo mau cuti bakalan jadi sebentar doang karena Sabtu dianggap cuti, bukan day off.

Jadi kesel aja kalo jatah 2 hari cuti kepake buat jalan ke Kupang doang.

2. Susah nyari barang tertentu

Kalo terbiasa dengan segala kemudahan mencari barang di Jawa, tentu tinggal di Timor-Leste ini bakalan sulit. Kalaupun ada, harganya mahal atau kualitasnya meragukan.

Biasanya gue akan nitip temen yang balik ke Indonesia buat beli barang tertentu. Tapi itu juga ga bisa sering-sering.

Mal di Timor Leste

Ngirim pake kurir ekspedisi juga bisa sih, tapi 3 minggu baru nyampe. Itu juga prosesnya agak melelahkan.

Yang berasa banget sih produk-produk elektronik, aksesoris elektronik, obat-obatan, skincare.

3. Healthcare ga bisa diandalkan

Ketika pertama ditelpon soal offering di kantor lama, gue sempet nanya soal health insurance. Katanya ga dapet. Trus satu-satunya solusi yang diberikan adalah, “Jangan sakit.”

Gue berasa di-gaslight.

Akhirnya ngalamin juga gue susah nyari obat. I got depressed and I need medicine. Cuma ada satu apotek yang jual, dan itu juga ga bisa pake resep dokter Indonesia.

I decided to go back home to get a proper medication.

4. Lack of public transportation

Jangan expect akan ada kendaraan umum yang nyaman dan cepet. Di dalam kota aja transportasi umumnya cuma angkot. Itu juga jam 6 sore udah bubar. Kalo laper malem-malem ya susah deh kalo lagi craving sesuatu yang lokasinya jauh.

Transportasi antar kota 

Transportasi antar kota juga susah. Ada semacam elf gitu, tapi nggak nyaman banget. No aircon, dan ngelewatin jalanan Timor-Leste yang ancur itu. Ga dulu deh.

5. Pemerintah yang incompetent

Pas di Indonesia, gue suka ngomel soal birokrasi pemerintah yang ribet. Percayalah, birokrasi Timor-Leste lebih bikin emosi. Praktik KKN sangat obvious, suap menyuap bukanlah hal asing.

Kantor pemerintahan

Selain itu, sistem di negaranya juga belum sepenuhnya ready. Masih banyak celah buat diakalin. Kadang ini juga yang bikin gue stress.

6. Masih sangat konvensional

Jujur pas pertama kali dateng sebagai orang yang akan tinggal lama di Timor-Leste, gue stress. Masih jauh dari digitalisasi, serba manual. Aktivitas perbankan juga masih belum advanced. Isi pulsa juga masih gesek.

7. Sulit berkembang

Ini adalah part paling penting. Gue ngerasa sulit berkembang di Timor-Leste. Terlalu banyak hal yang nggak efisien, tapi di satu sisi gue dituntut untuk berinovasi. Gue merasa stuck.

Di Timor-Leste, masih banyak hal potensial untuk dikembangkan, tapi somehow masyarakatnya masih terlalu nyaman dengan situasi yang ada. Kesannya enggan berkembang. Itu yang bikin geregetan sebenernya. Ga semua sih, tapi banyak yang begitu. Kadang TKA juga jadi kebawa santai.

8) Internet lelet dan mahal

Kalo ini curhatan dari lama sih. Gue sering ngeluhin paket data yang super mahal dan kadang masih suka lelet. Infrastruktur internet Timor-Leste memang kacau. Ga pernah gue ngerasa sakit hati udah bayar $50 tapi kualitas internet tetep bapuk.

Beberapa poin di atas adalah hal-hal yang cukup berkesan sih. Gue sadar, semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ya intinya bener kata orang, “Timor-Leste is not for everyone”. Dan gue bukan salah satu yang bisa bertahan lama di sana. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru