Belajar Memanfaatkan Teknologi AI dalam Pelatihan Jurnalistik yang Digelar Telkom Indonesia

lintasperkoro.com
Wicaksono saat menjelaskan pemanfaatan AI di jurnalistik

Sebagai tulang punggung digitalisasi di Indonesia, Telkom Indonesia terus bertransformasi dalam melakukan percepatan di berbagai sektor. Salah satunya diwujudkan dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan di Telkom Landmark Tower, Surabaya. Pelatihan digelar selama 2 hari, pada Rabu sampai Kamis, 23-24 Agustus 2023.

Acara tersebut merupakan kerjasama antara Telkom dengan Publisiana yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitas jurnalis.Tidak hanya mengundang para jurnalis senior, karyawan Telkom juga turut hadir sebagai peserta. 

Baca juga: Terduga Pencuri Kabel Telkom Kembali Beraksi di Desa Domas

Pelatihan dibuka pada 23 Agustus 2023 oleh Teddy Hartadi selaku EVP Telkom Regional 5, didampingi Sabri Rasyid selaku AVP External Communication, Andri Herawan Sasoko selaku VP Corporate Communication dan Rustam F. Mandayun selaku Direktur Publisiana.

Hari kedua pelatihan dibuka dengan materi terkait Teknis Penulisan Berita dan Bahasa Jurnalistik oleh Nanang Junaedi. Suasana menjadi lebih hidup dengan adanya diskusi antara para jurnalis senior yang membagikan pengalaman mereka tentang bagaimana cara mengatasi writing block.

Baca juga: Terduga Pencuri Kabel Telkom Kembali Beraksi di Desa Domas

Materi menyambung ke topik yang disampaikan oleh Wicaksono atau dikenal Ndoro Kakung yang berfokus pada efisiensi kerja jurnalis dengan memanfaatkan Teknologi AI ChatGPT dan Bing Image. Menanggapi hal tersebut, banyak rekan jurnalis yang menyampaikan kekhawatirannya terkait ancaman Teknologi AI. 

Ndoro Kakung menyampaikan “Jurnalis tidak akan digantikan oleh AI, tapi besar kemungkinan digantikan oleh orang yang bisa menguasai AI.”

Baca juga: Sindikat Terduga Pencuri Kabel Telkom Mengitari Wilayah Kecamatan Menganti, Gresik

Ndoro Kangkung menjelaskan, adanya Teknologi AI ini sebaiknya tidak disikapi sebagai tantangan, namun sebagai peluang dan alat yang bisa digunakan untuk membantu kinerja para jurnalis. 

Acara ini turut mendapatkan feedback positif dari para peserta ditunjukkan dengan antusiasme dan banyaknya permintaan kepada Sabri Rasyid selaku AVP External Communication untuk mengadakan acara serupa di kesempatan yang akan datang. (dit)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru