Lulusan Terbaik AKPOL 2010 Jadi Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Gantikan Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo

lintasperkoro.com
Agus Sobarnapraja

Tahun baru, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) baru. Itu sekarang terjadi di Polresta Sidoarjo. Posisi Kasatreskrim Polresta Sidoarjo berganti dari Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo ke Kompol Agus Sobarnapraja.

Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo dimutasi dari Kasatreskrim Polresta Sidoarjo menjadi Kanit IV Subdit V Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, yang menangani kejahatan siber. Sedangkan Kompol Agus Sobarnapraja sebelumnya menjabat sebagai Kasatreskrim Polresta Banyuwangi.

Baca juga: Menyikapi Tambang Ilegal di Banyuwangi, Kasatreskrim ke Wartawan : Saya Mah Diberitain Gak Pusing dan Gak Ngaruh

Posisi Agus Sobarnapraja sebagai Kasatreskrim Polresta Banyuwangi yang dijabatnya sejak 11 Mei 2022, digantikan oleh Kompol Andrew Vega yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Curanmor Ditreskrimum Polda Jawa Timur. Pergantian itu terhitung sejak 2 Januari 2024.

Nama Agus Sobarnapraja bagi kalangan media sudah tidak asing lagi. Berbagai jabatan strategis diembannya. Dari Kepala Unit (Kanit) hingga Kepala Satuan (Kasat). Selain tegas terhadap pelaku kejahatan, Agus Sobarnapraja juga dikenal sebagai Polisi yang humanis dan dekat dengan wartawan.

Atas dedikasi itu, Agus Sobarnapraja diganjar berbagai penghargaan. Beberapa diantaranya ialah Anugerah TIMES Indonesia (ATI) dengan kategori Pelopor Hukum Humanis 2023. Karena dalam menjalankan tugas pengabdian di Kabupetan Banyuwangi, Agus Sobarnapraja terus menunjukan kinerja yang totalitas serta senantiasa mengedepankan sikap humanis dan profesional ketika melakukan penanganan perkara.

Agus meraih Anugerah TIMES Indonesia

Agus Sobarnapraja juga meraih penghargaan dan pin emas dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. Agus Sobarnapraja dinilai berhasil menyelesaikan kasus mafia tanah di Bumi Blambangan (julukan Kabupaten Banyuwangi).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, dalam rangkaian Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan, di Jakarta, pada Rabu (8/11/2023), disaksikan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI saat itu, yakni Laksamana TNI Yudo Margono, Jaksa Agung, Kapolda beserta Dirreskrimum Se-Indonesia, Para Kajati beserta Aspidum Se-Indonesia, dan Para Kakanwil BPN beserta selurun Kakantah BPN Se-Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri ATR/BPN atas penghargaan yang diberikan. Ini akan menjadi semangat dan motivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh elemen masyarakat,” ucap Agus kala itu.

Baca juga: Polda Aceh dan Polda Papua Study Banding Pelayanan Publik Polresta Sidoarjo

Tidak cukup itu saja. Bagi kalangan wartawan, Agus Sobarnapraja dikenal sebagai perwira Polisi yang komunikatif. Dia dekat dengan wartawan. Karena itu, Agus Sobarnapraja didapuk menjadi Pembina Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banyuwangi.

Kini, Agus Sobarnapraja akan bertugas di Kabupaten Sidoarjo sebagai Kasatreskrim Polresta Sidoarjo. Wilayah dengan jumlah penduduk sebanyak 2,7 juta orang yang tersebar di 18 kecamatan. 

"Jabatan baru ini merupakan amanah. Maka saya akan melakukan tugas dengan baik. Tentunya, saya akan menjalankan tugas dengan baik dan meneruskan tugas-tugas yang belum selesai," kata Agus saat mengemban jabatan baru sebagai Kasatreskrim.

Karir Agus Sobarnapraja di Kepolisian lebih banyak di bidang Reserse. Agus Sobarnapraja merupakan lulusan terbaik (Adhi Makayasa) Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 di Semarang. Diangkatannya, Agus Sobarnapraja meraih Adi Makayasa.

Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo Dicabuli Tetangga Sendiri

Agus Sobarnapraja saat jadi Taruna Akpol

Saat kelulusan di Akpol, Agus Sobarnapraja dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Agus Sobarnapraja dilantik bersama 464 perwira remaja Polri lulusan Akademi Kepolisian 2010 yang terdiri atas 79 perwira remaja detasemen 42 (Dharma Satria), 314 perwira remaja detasemen 43 (Rinaksa Sakala Mandala), dan 72 perwira remaja detasemen 44 (Wiratama Bhayangkara).

Setelah lulus Akpol, Agus menjabat berbagai posisi di Kepolisian. Diantaranya Kanit Reskrim Polsekta Medan Area saat berpangkat Inspektur Satu (Iptu), kemudian Kasatreskrim Polres Langkat, Kasat Reskrim Polres Bangkalan, Kanit II/Pembunuhan dan Penganiayaan Subdit III Ditreskrimum Polda Jatim, Kasatreskrim Polresta Banyuwangi, dan berbagai jabatan lainnya.

Agus Sobarnapraja merupakan pria kelahiran di Kota Depok. Dia merupakan putra dari Ade Suapraja, seorang Bripka Polisi. (adi)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru