Aparat Diminta Menertibkan Tambang di Tuban yang Tak Punya Izin

lintasperkoro.com
Tambang di Tuban

Pada sesi debat calon Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu, 21 Januari 2024, Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyebutkan, banyak tambang ilegal dilindungi atau memiliki penjaga (backing) aparat dan pejabat.

Pernyataan Mahfud MD tersebut menanggapi pertanyaan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, terkait strateginya dalam mengatasi tambang ilegal.

Baca juga: Tambang Ilegal di Desa Pacuh Diadukan ke Polda Jatim oleh LSM FPSR

Gibran berkata, strateginya untuk mengatasi tambang ilegal adalah dengan mencabut izin usaha pertambangan (IUP) mereka. Padahal yang namanya tambang ilegal, pasti tak punya IUP.

Terkait jawaban Gibran itu, Mahfud menyebut pencabutan IUP tidak semudah diucapkan, karena pada praktiknya ada hambatan-hambatan eksternal. Salah satunya terkait banyak tambang ilegal dilindungi atau memiliki backing aparat dan pejabat.

"Pertambangan di Indonesia banyak sekali ilegal dan itu di-backing aparat dan pejabat. Itu masalahnya," ujar Mahfud MD.

Baca juga: Tambang Diduga Ilegal Beroperasi di Desa Pule Lamongan

Yang disampaikan oleh Mahfud MD tentang dugaan adanya beking aparat terhadap penambangan tanpa dilengkapi perizinan sesuai Undang Undang Mineral dan Batu Bara, bisa ditinjau di lokasi tambang yang berada di wilayah Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Tuban yang dikenal sebagai penghasil pasir silika ini menjadi "surga" bagi pelaku usaha tambang yang diduga tidak punya Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP). Disebut "surga", karena mereka menjalankan usaha secara ilegal tanpa dilakukan penindakan oleh aparat penegak hukum. Bahkan, aparat seakan tutup mata dengan adanya penambangan tanpa IUP OP.

Baca juga: Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Kenari - Merbuk - Pungu

Salah satu dari sekian terduga pelaku berinisial St. St dikenal sebagai Raja Tambang diduga ilegal di Kabupaten Tuban. Dia bersama penambang lainnya menjalankan usaha pertambangan seluas puluhan hektar (ha) yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Tuban. Mulai wilayah Tambakboyo, Rengel, Soko, Grabakan, Bancar, Bulu, dan Montong. Jenis material yang ditambang berupa pasir silika, yang dikenal jadi bahan baku kaca.

Ironisnya, kegiatan tambang masuk dalam lahan Perhutani KPH Tuban. Kondisi tersebut sangat disayangkan oleh Muhammad Fazly. Pria yang aktif sebagai aktivis Lingkungan Hidup dari Pushuknas tersebut berkata, "Seharusnya aparat bertindak tegas untuk menertibkan para perusak lingkungan ini. Karena rusaknya alam kelak bisa membawa dampak bencana banjir, longsor dan kekeringan. Kami mendesak Polres Tuban agar berani menertibkan para penambang liar tersebut demi kelestarian lingkungan hidup." (adi)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru