Cek NIK Di Provider Sebelum Terlambat, Awas Disalahgunakan Orang Lain

Reporter : Redaksi

Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) di provider sebelum terlambat. Siapa tau NIK Anda dipakai orang lain untuk mendaftarkan Sim Card-nya.

Cek berapa Simcard yang terdaftar pada NIK, pada aplikasi myTelkomsel. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) digunakan sebagai syarat registrasi kartu perdana di Indonesia. Berdasarkan ketentuan Pemerintah, satu NIK hanya bisa digunakan :

Baca juga: Babinkum TNI Gelar FGD Bahas Fenomena Judi Online

- 3 Nomor Prabayar

- 10 Nomor Pascabayar (Ini TSel, tidak tahu kalau provider lain).

Selain itu, KTP berisi data pribadi seperti nama, NIK, alamat karena meninggalkan atau memberikan foto dan nomor KTP merupakan celah bagi pelaku tindak pidana untuk melakukan pinjaman pada aplikasi fintech atau membeli suatu barang, bahkan bisa digunakan membobol akun rekening bank.

Seperti pada gambar, terdapat nomor polsel yang tidak dikenal dan tidak digunakan. Kemudian datang ke Grapari dan meminta di-UNREG ke petugas, itu merupakan hak, privacy dan keamanan. Hal tersebut bisa saja terjadi kepada siapapun tanpa sepengetahuan yang empunya.

Usut punya usut, ternyata ketika ditelpon setelah mendapatkan nomor lengkapnya dari Grapari, orang tersebut berada di kota M, beda provinsi. Kok bisa-bisanya dia pake NIK dan nomor kita. Kemudian ya kita minta UNREG nomor  tersebut ke petugas.

Baca juga: Waspada, Bisa Jadi Nomor Ponsel Anda Disalahgunakan Kredit Kredivo

Apa yang terjadi kepada Nomor SIM Card yang telah di UNREG, maka dia harus mendaftarkan ulang nomor SIM Cardnya, karena status pendaftaran Sim Card tersebut telah DICABUT.

Cara Blokir Panggilan Tak Dikenal/Spam/Potensi Penipuan

Baca juga: LBH Djawa Dwipa Laporkan Mulyadi dan Rusnadi atas Dugaan Pengalihan Obyek Kredit ke Polda Jatim

Setting di pengaturan handphone - Panggilan - Block from unknown number/from stranger (aktifkan) biar nomor tidakdikenal tidak bisa spam panggilan.

Untuk blokir nomor Spam/Penipuan bisa - Pilih Semua Nomor yang Tidak Dikenal.

Untuk XL Cek *808*4444#

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru