Acara Sedekah Bumi di Desa Dungus Dihadiri Ribuan Warga

Reporter : Tasripan
Acara sedekah bumi di Desa Dungus

Pemerintah Desa (Pemdes) Dungus, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, menggelar acara Sedekah Bumi pada Minggu (25/8/2024). Ribuan warga hadir dalam acara yang dipusatkan di Balai Desa Dungus tersebut.

"Sedekah Bumi adalah perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan karunia yang telah diberikan. Dengan memberikan sebagian hasil tanah kepada yang membutuhkan, kita mengingatkan diri kita sendiri tentang pentingnya bersyukur atas karunia yang telah diberikan," kata Kepala Desa Dungus, Didik Kasiyanto.

Baca juga: Ribuan Syekher Mania Ikut Melantunkan Sholawat di Mushola Al Hidayah Dusun Dungus Kidul

Kepala Desa Dungus, Didik Kasiyanto mengatakan, acara Sedekah Bumi di Desa Dungus ini diadakan setiap tahun. Acara digelar tidak cuma di siang hari, melainkan dilanjut pada malam hari.

"Malam harinya, kami mengadakan Pagelaran Wayang Kulit sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. Selain itu berharap syafaat kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh warga desa Dungus,“ ungkapnya.

"Dengan momen Sedekah Bumi, mari kita bangun Desa Dungus menjadi desa yang adem, aman, damai, dan makmur. Mari kita jadikan Desa Dungus sebagai desa yang makmur dan menjadi harapan kita bersama,“ ajak Didik Kasiyanto.

Baca juga: Warga Dusun Kendal di Desa Dungus Menggelar Sedekah Bumi

Di tempat yang sama, Camat Cerme, Umar Hasyim pada sambutanya mengajak seluruh warga untuk saling guyub rukun dan damai.

Camat Cerme mengingatkan, di musim kemarau ini, yang punya lahan agar lebih waspada.

Baca juga: Kendal Bersholawat Dihadiri Ribuan Sheker Mania untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

"Jangan mudah membakar karena sering terjadinya kebakaran dari kelalaian kita,“ ujarnya.

Turut hadir pada acara Sedekah Bumi tersebut Danramil 0817/08 Cerme, Lettu Toyib beserta Anggotanya, tokoh masyarakat, pemuda, serta elemen masyarakat lainnya yang berasal dari luar Desa Dungus. (*)

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru