PT PAL dan PLN Bangun dan Luncurkan Pembangkit Listrik Terapung

Reporter : Redaksi
Pembangkit Listrik Terapung

Bea Cukai Tanjung Perak hadir dalam acara seremonial Sail Away Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara II, di Dermaga Bandar Barat PT PAL Indonesia (Persero) pada Rabu (2/10/2024).

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Dwijanto Wahjudi secara langsung hadir dalam seremoni sail away tersebut. BMPP Nusantara II adalah sebuah pembangkit listrik terapung yang dikembangkan oleh PT PAL Indonesia (Persero) dan PT PLN Indonesia Power dengan memanfaatkan fasilitas prosedural di bidang kepabeanan yakni Mitra Utama (MITA) Kepabeanan, sehingga dapat memberikan jaminan kelancaran arus logistik impor barang-barang yang diperlukan untuk membangun BMPP Nusantara II.

Baca juga: Kunjungan Mahasiswa ITS ke Bea Cukai Tanjung Perak

Dalam rencananya, BMPP Nusantara II yang berkekuatan daya 60 MegaWatt, akan diberangkatkan menuju titik tujuan yakni Kolaka, Sulawesi Tenggara, untuk difungsikan sebagai sumber listrik bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Kolaborasi Bea Cukai Tanjung Perak dan ALFI Jatim Coaching Clinic

PT PAL Indonesia (Persero) dan PT PLN Indonesia Power merupakan importir yang telah ditetapkan sebagai MITA Kepabeanan. MITA Kepabeanan adalah importir/eksportir yang diberikan pelayanan khusus di bidang kepabeanan berupa penetapan sebagai perusahaan berisiko rendah sehingga atas importasinya dilakukan pemeriksaan fisik relatif sedikit sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128 tahun 2023. (*)

Editor : Bambang Harianto

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru