Teater Geo Juara Lomba Drama Teatrikal yang Digelar Perpustakan Bank Indonesia

Reporter : Bambang Harianto
Crew Teater Geo usai meraih juara 1 Lomba Drama Teatrikal di Gedung Perpustakaan Bank Indonesia

Teater Geo sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah naungan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, berhasil meraih juara 1 dalam kategori Drama Teatrikal dengan tema "Cinta Bangga Paham Rupiah". Kegiatan tersebut digelar oleh Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Timur dalam helatan Festival Literasi Perpustakaan (FESTRIP) 2024.

Atas prestasi tersebut, Teater Geo berhak menerima hadiah lomba berupa uang tunai sebesar Rp 2,5 juta + trophy. Sedangkan peserta lain yang masuk finalis dalam kategori tersebut ialah Komunitas ”Rohaye Teater” dan ”Lah Bu Ibu”, yang masing-masing menerima hadiah sebesar Rp 2 juta dan Rp 1 juta + trophy.

Baca juga: Siti Nur Aliza Terpilih Sebagai Ketua Umum Teater Geo Periode 2024/2025

“Kami bersyukur berkat kerja keras, kekompakan, dan semangat para anggota Teater Geo, bisa meraih juara 1 dalam lomba Drama Teatrikal ini. Jujur, persiapan kami sangat mepet dengan yang waktu pelaksanaan yang cukup singkat. Tapi, teman-teman Teater Geo bisa membuktikan diri bahwa kami mampu menampilkan karya terbaik di lomba yang digelas Perpusatakaan Bank Indonesia,” kata Ketua Umum Teater Geo, Siti Nur Aliza dalam pernyataannya kepada wartawan, pada Senin, 7 Oktober 2024.

Pelaksanaan lomba Drama Teatrikal tersebut digelar dari 24 September 2024 sampai 6 Oktober 2024. Dengan jadwal kegiatan, pendaftaran dan pengumpulan karya pada 24 September 2024 – 4 Oktober 2024. Kemudian penilaian karya dan pengumuman finalis pada 5 Oktober 2024. Dan live performance, pengumuman juara, dan penyerahan hadiah pada 6 Oktober 2024.

Baca juga: Monolog Lakon “Aeng” Teater Geo Juara Harapan 3 di Peksimida Jatim 2024

Selain Drama Teatrikal, juga digelar lomba Sketsa Gedung, Resensi Buku, Lomba Mewarnai. Selain itu, digelar juga acara Bincang Buku bersama J.S Khairen, Talkshow “Menyiapkan generasi Z yang sehat mental menghadapi vuca di era digital” bersama Agus Magelangan. Seluruh acara dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Timur atau Gedung De Javasche Bank Surabaya, Jalan Taman Mayangkara nomor 6, Kota Surabaya.

Nur Aliza menjelaskan, untuk mekanisme lomba Drama Teatrikal, saat pendaftaran yang dimulai 24 September 2024, Teater Geo mengirim video secara daring untuk dinilai oleh para Dewan Juri yang terdiri dari Arief Hidayat (Dosen Sendratasik Universitas Negeri Surabaya/Unesa) dan Totenk MT Roesmawan (Sanggar Lidi Surabaya).

Baca juga: Memperingati Dies Natalis ke-23 Tahun, Teater Geo Unipa Surabaya Menggelar Pementasan Berjudul “?”

Kemudian video yang terkumpul dari para peserta dipilih 3 video terbaik, dan diumumkan pada Sabtu 5 Oktober 2024. Nur Aliza bangga, karena Teater Geo menjadi salah satu peserta yang masuk finalis dalam lomba Drama Teatrikal tersebut. Dia berterima kasih kepada Crew Teater Geo yang ikut mendukung kegiatan tersebut, diantaranya I Dewa Ayu Kristin Adelia, Faulin Salsa, Azhriel Setya, dan Muhammad Ardan Titah Laksono.

“Setelah pengumuman finalis, pada Minggu kemarin (6/10/204), kami live performance di halaman gedung Perpustakaan Bank Indonesia. Kami diumumkan jadi juara 1. Perjalanan kami di kesenian teater ini masih panjang. Kami akan terus berproses dengan karya meski di tengah gempuran budaya modern,” kata Nur Aliza, mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Farmasi Unipa Surabaya ini. (*)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru