Plt Kakanwil Kemenkumham Jatim Serahkan Dua Sertifikat IG ke Bupati Pasuruan

lintasperkoro.com
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Saefur Rochim menyerahkan dua Sertifikat Indikasi Geografis (IG) kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur (Kemenkumham Jatim) Saefur Rochim menyerahkan dua Sertifikat Indikasi Geografis (IG) kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf pada Senin (18/09/2023).

Kegiatan penyerahan sertifikat Indikasi Geografis tersebut bertepatan dengan Upacara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1094 yang digelar di Lapangan Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti Pasuruan.

Baca juga: Genjot Pendaftaran Indikasi Geografis, Kemenkumham Jatim Resmikan Pojok IG

Plt. Kakanwil mengatakan bahwa Sertifikat Indikasi Geografis yang diberikan tersebut dengan nama Mangga Putar Pasuruan dan Kopi Arabika Arom langit Pasuruan.

Menurutnya, keseriusan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam perlindungan Kekayaan Intelektual ditunjukkan dengan adanya Sertifikat Indikasi Geografis tersebut.

"Pemanfaatan Indikasi Geografis yang dilakukan Kabupaten Pasuruan sangatlah tepat. Dan ini membuktikan kalau Pemkab Pasuruan melek terhadap kekayaan intelektual," katanya.

Baca juga: Kemenkumham Jatim Dorong Batik Tenun Gedog Tuban Mendaftar Indikasi Geografis

Dengan telah diterbitkannya sertifikat Indikasi Geografis, maka daya saing kedua produk unggulan tersebut akan semakin meningkat dalam kancah perdagangan internasional.

"Semoga ini membawa berkah untuk Kabupaten Pasuruan," harapnya.

Bupati Pasuruan dalam sambutannya mengaku sangat bahagia dengan penyerahan sertifikat IG tersebut.

Baca juga: Kemenkumham Jatim Tindak Lanjuti Hasil Rakor Penyidikan DJKI

"Sebuah kebanggaan dan ini membuat kami semakin bersemangat untuk memetakan lebih banyak lagi potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan," terangnya.

Untuk diketahui dalam upacara hari jadi Kabupaten Pasuruan tersebut dimeriahkan kegiatan teatrikal oleh anak-anak dengan memainkan berbagai permainan tradisional. (kin)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru