Tim Satopspatnal Kemenkumham Jatim Geledah Rutan Gresik

lintasperkoro.com
Kadivpas Jatim beserta tim satopspatnal lakukan penggeledahan mendadak di beberapa blok Rutan Kelas IIB Gresik

Di tengah tengah sabtu malam minggu dini hari 16 september 2023 dimulai pada pukul 23.00 WIB hingga selesai, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Timur (Kadivpas Jatim) beserta tim satopspatnal lakukan penggeledahan mendadak di beberapa blok Rutan Kelas IIB Gresik.

"Di saat para WBP terlelap dalam tidurnya, kami sengaja melakukan penggeledahan ini dengan tujuan untuk meminimalisir adanya barang barang terlarang seperti halnya handphone, narkoba, maupun senjata tajam didalam kamar," tegas Kadiv Pemasyarakatan, Teguh Wibowo yang memimpin langsung jajarannya.

Baca juga: Sertijab dan Pisah Sambut Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan

Tim masuk satu persatu kamar secara acak dengan hanya didampingi Karupam dan petugas blok. Kadivpas harap malam hari ini mendapatkan hasil yang maksimal agar ke depannya lapas maupun rutan di Jatim zero Handphone, Pungli dan Narkotika (HALINAR).

"Kami berkomitmen penuh untuk menjadikan Seluruh Lapas Rutan bersih dari barang terlarang," tuturnya.

Tim Satopspatnal bergegas memeriksa satu persatu barang barang sekiranya terlarang yang berada di kamar warga binaan.

Baca juga: Wahyu Hendrajati Tinggalkan Rutan Surabaya

“Tetap dengan sikap humanis, kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan," jelasnya.

Tak ketinggalan juga bagian sampah dan tempat-tempat yang kotor pun diperiksa rata oleh tim. Hal ini untuk mengantisipasi pembuangan barang bukti.

"Tim satopspatnal juga melakukan tes urin secara acak dengan jumlah 15 WBP laki-laki dan 10 WBP perempuan dengan jumlah total 25 orang dengan hasil keseluruhan negatif," jelas Teguh.

Baca juga: Pentingnya Indeks Layanan Kesekretariatan

Selama kegiatan berlangsung, Karutan Gresik Disri Wulan mendampingi secara langsung dan menyimak dengan seksama arahan dari Kadiv Pemasyarakatan. Salah satu yang ditekankan kadiv adalah untuk menindak lanjuti hasil temuan malam ini.

"Jangan sampai pejabat maupun petugas dipecah oleh warga binaan. Harus mempunyai integritas yang tinggi, jaga kekompakan kalian dan yang paling utama yakni bikin suasana rutan terus dalam keadaan aman dan kondusif," pesannya. (adi)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru