Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangkalan Menggelar Pameran di Museum Cakra Ningrat

Reporter : M Ruslan
Pj Bupati Bangkalan melihat barang yang dipamerkan

Penjabat (Pj.) Bupati Bangkalan, Arief M. Edie, membuka pameran museum bersama. Pameran yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangkalan tersebut dipusatkan di Museum Cakra Ningrat Bangkalan, Kamis 3 Oktober 2024.

Selain menampilkan koleksi Museum Cakra Ningrat, pameran juga berkolaborasi dengan komunitas, pemerhati budaya, kolektor benda kuno serta Museum Perusnia Bangkalan.

Baca juga: Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Bangkalan Periode 2024-2029

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bangkalan mengatakan bahwa museum bukan hanya sekadar sebagai tempat koleksi benda bersejarah, namun juga sebagai tempat di mana masyarakat dapat menggali nilai-nilai dan informasi sejarah serta budaya.

"Dengan dilaksanakannya pameran museum bersama ini, kami berharap dapat menarik minat masyarakat terutama generasi muda untuk berkunjung ke museum. Keberadaan museum sangat penting karena berfungsi untuk melestarikan, membina, memberikan edukasi terkait budaya, potensi, seni, sejarah, dan pengetahuan," ujarnya.

Baca juga: Bus Trans Jatim Rute Bangkalan-Surabaya Resmi Diluncurkan dan Siap Beroperasi

Pj. Bupati Bangkalan juga mengatakan pengelola museum harus bisa berinovasi dan menciptakan daya tarik yang bisa menggugah minat masyarakat untuk berkunjung ke museum.

"Bisa melalui event-event seperti Museum Day, atau dengan membuka sentra kuliner di sekitar museum dan kegiatan interaktif lainnya," ujar Pj. Bupati Bangkalan.

Baca juga: Event Terak Bulan Kembali Menyapa Masyarakat Bangkalan

Ke depan, Pj. Bupati Bangkalan berharap koleksi-koleksi yang ada di Museum Cakra Ningrat dapat lebih diperlengkap dan ditata dengan baik sesuai dengan kategori dan tahun-tahunnya.

"Memang jika dilihat, koleksi yang ada di museum masih perlu diperlengkap sehingga bisa menggambarkan linimasa sejarah Bangkalan. Perlu adanya kerja sama dengan para budayawan, arkeolog, dan ahli cagar budaya untuk bisa melengkapi koleksi di Museum Cakra Ningrat," jelasnya. (L4N)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru