Burung Murai Milik Ali Pernah Ditawar Rp 40 Juta

lintasperkoro.com
Burung Anis milik Ali

Usai mengikuti kontes burung berkicau di Kota Surabaya, Ali pulang ke Pulau Lombok bersama burung murai dan burung anis kembangnya. Alipun mengurus sertifikat kesehatan hewan ke pelayanan Karantina Hewan wilayah kerja (wilker) Tanjung Perak Surabaya, pada Senin (25/9/2023).

"Saya sudah biasa ikut lomba burung ke luar pulau, jadi sudah paham kalau harus urus surat karantina hewan agar lebih aman. Cara mengurusnya gampang, cepat, dan murah," ujar Ali.

Baca juga: Badan Karantina Gagalkan Penyelundupan Reptil di Kargo Bandara Mopah

Ali membawa 3 ekor burung, yaitu seekor murai dan 2 ekor anis kembang. Burung murainya diberi nama Bringas, pernah ditawar 40 juta rupiah karena sudah berprestasi.

Burung murai milik Ali

Pejabat Karantina Hewan wilayah kerja (wilker) Tanjung Perak, Indra Wahyu mengatakan, burung murai batu sudah dikeluarkan dari daftar satwa langka dilindungi, sehingga sudah bisa dilalulintaskan. Hal ini berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P.20 Tahun 2018.

Baca juga: Barantin Luncurkan Sistem Layanan Karantina Best Trust

"Harus tetap dilakukan tindakan karantina terlebih dahulu sebelum diterbitkan sertifikat kesehatan hewan sebagai jaminan bahwa burung tersebut bebas dari penyakit hewan menular karantina. Berapapun hewan yang dibawa, wajib lapor karantina sebelum dilalulintaskan antar pulau, " ujar Dokter Hewan Karantina, Indra Wahyu.

Kepala Balai Karantina Surabaya Cicik Sri Sukarsih mengatakan, sadar lapor karantina perlu terus disosialisasikan.

Baca juga: Karantina Jawa Timur Gagalkan Upaya Perdagangan Satwa Langka Asal Papua

Ali di Kantor Karantina Surabaya

"Kita mengimbau masyarakat untuk melaporkan ke karantina setiap melalulintaskan hewan, tumbuhan dan turunannya" jelas Cicik. (kin)

Editor : Syaiful Anwar

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru