Pria yang Jadi Otak Joki CPNS Kejaksaan Ditangkap di Magelang

lintasperkoro.com
Penangkapan AW di Magelang

Setelah dilakukan perburuan beberapa hari, Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) menangkap otak kecurangan dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kejaksaan RI 2023. Pelakunya ialah seorang pria berinisial AW (60 tahun).

Kepala Kejati Jatim, Mia Amiati mengungkapkan, penangkapan AW dilakukan setelah pihaknya mengamankan seorang peserta CPNS Kejaksaan RI inisial EYD yang tertangkap basah menggunakan identitas palsu.

Baca juga: Ditreskrimum Polda Jatim Tangkap Calo ASN dengan Kerugian Korban Mencapai Rp 7,4 Miliar

"Awal kecurangan yang diduga dilakukan oleh AW tersebut diketahui ketika Tim Intelijen Kejati Jatim mengamankan seorang perempuan peserta CPNS Kejaksaan RI yang berinisial EYD menggunakan kartu peserta dan identitas palsu saat proses verifikasi data yang dilakukan oleh petugas verifikator," terang Kajati Jatim, Mia Amiati, Selasa (12/12/2023).

Dari pengakuan EYD, Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Jatim akhirnya mengejar AW yang diduga sebagai otak dari sindikasi kecurangan tes CPNS Kejaksaan RI yang ada di Jatim.

Baca juga: Gelar SKB CPNS 2023, Kemenkumham Jatim Gandeng Polda Jatim

Meski sempat berusaha melarikan diri dengan menggunakan mobil Innova warna hitam, AW akhirnya berhasil ditangkap di Jalan Raya Gulon, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (8/12/2023).

Hasil pemeriksan, AW diketahui tidak bekerja sendirian dan ditengarai melibatkan pihak lain dalam melancarkan aksinya, sehingga bisa meyakinkan puluhan korban.

Baca juga: Lima Peserta Dinyatakan Gugur Dalam Tes SKB CPNS Kemenkumham Jatim

Dalam kasus ini, AW diduga melanggar Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat atau Undang-Undang ITE dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun.

Lantaran perbuatan AW masuk ruang lingkup dalam tindak pidana umum, sehingga pihak Kejati Jatim menyerahkan kasus ini untuk ditangani oleh Polda Jatim. (kin)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru