Klarifikasi TimNas AMIN tentang Brosur Janji Anies Baswedan

lintasperkoro.com
Hoax leaflet janji AMIN

Ada yang dapat brosur ini? Ini jawaban dari Tom Lembong: Ibu-Bapak Captain/Co-Captains dan TimNas AMIN yang terhormat - ada kemungkinan grafik ini beredar luas, maka bila perlu klarifikasi / pernyataan resmi dari TimNas, silakan sampaikan pesan saya sebagai berikut:

(1) Grafik ini kesan saya berawal dari niat baik tapi kebablasan.

Baca juga: Surat Terbuka Kepada Anies Baswedan dari Orang Dekat Presiden Jokowi

(2) Grafik ini memuat banyak janji Anies-Muhaimin yang akurat, seperti (a) BanSos Plus dan PKH Plus; (b) Tanah Negara dapat dipakai untuk bangun sekolah swasta; (c) Pupuk Murah / terjangkau bagi semua Petani; (d) Harga Sembako Murah / terjangkau bagi seluruh Masyarakat; dan (e) Menciptakan Lapangan Kerja supaya Perkerja mudah cari kerja.

(3) Namun grafik ini juga memuat janji yang tidak akurat, seperti BPJS Gratis; Listrik Gratis bagi 1.300W, 900W dan 450W; dan Pendidikan Gratis. 

(4) Yang akurat adalah: 

(a) kita memang akan meneruskan BPJS gratis untuk kalangan berpenghasilan rendah, dan memastikan BPJS terjangkau bagi semua, khususnya untuk pekerja di sektor informal yang saat ini sulit mengakses BPJS; 

Baca juga: Tokoh Politik di Jember Apresiasi Polri Tangkap Pelaku Pengancam Capres Anies

(b) kita akan pastikan biaya listrik terjangkau bagi seluruh masyarakat, sesuai penghasilan masing-masing; dan 

(c) kita akan turunkan biaya pendidikan melalui berbagai kebijakan (seperti menghapus Pajak Bumi dan Bangunan bagi sekolah dan kampus).  

(5) Soal pajak Motor/Mobil dan perpanjangan STNK, urusan pajak kendaraan kan sudah menjadi wewenang Pemerintah Daerah tingkat Propinsi. Tentu Pemerintah Pusat bisa meng-intervensi PemDa, namun kebijakan seperti ini sebaiknya dirumuskan melalui konsultasi publik yang matang dengan PemDa dan semua kalangan yang terkait (termasuk pakar dan ahli/akademisi).

Baca juga: Pengancam Capres Anies Ditangkap, Tokoh Pemuda Situbondo Sebut Bukti Netralitas Polri pada Pemilu 2024

(6) Demikian juga soal SIM Berlaku seperti KTP (se-umur hidup) - masih perlu konsultasi publik lebih lanjut, meskipun sudah pasti Anies-Muhaimin punya komitmen besar untuk meringankan beban administrasi hidup se-hari-hari bagi masyarakat melalui kebijakan yang dilandasi akal sehat dan implementasi teknologi terkini.

Dengan hormat,

Tom Lembong (Co-Captain Bidang Substansi, Materi dan Kebijakan)

Editor : Ahmadi

Peristiwa
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru